IBL

Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia berkolaborasi dengan DBL Indonesia, dengan bangga mempersembahkan Mainbasket bareng KFC powered by DBL Play. Peresmian dilakukan hari ini, 8 November 2019. Kompetisi setahun penuh ini tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan prestasi pebasket nasional, khususnya cabang tiga lawan tiga (3x3), dengan menyasar para pelajar dan mahasiswa.

Hendra Yuniarto, GM Marketing PT. Fast Food Indonesia Tbk (KFC) menegaskan, “Kami di KFC selalu percaya bahwa Indonesia banyak memiliki talenta muda yang luar biasa, utamanya di olahraga dan musik. Mereka membutuhkan panggung, dan KFC menyiapkannya. Semoga kolaborasi ini akan memacu semangat pebasket muda Indonesia untuk terus berprestasi di tahun 2020 mendatang. Karena, terobosan baru KFC ini akan memberi kesempatan pemain-pemain muda tanah air untuk memiliki jam terbang kompetisi yang lebih tinggi,” tambahnya.

Pada tahun pertama penyelenggaraan mendatang, Mainbasket bareng KFC akan diadakan di tiga wilayah, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Targetnya lebih dari 1.000 pertandingan akan dilakukan sepanjang tahun, di salah satu outlet KFC di tiga kota tersebut. Dengan jumlah pertandingan yang banyak, maka makin besar pula kesempatan untuk berprestasi.

Masany Audri, Direktur DBL Indonesia, mengungkapkan, "Fokus utama DBL Indonesia selalu pada pengembangan partisipasi di basket. Semakin banyak partisipasi, maka semakin mendorong meningkatnya prestasi. Melalui program ini, para pebasket muda akan lebih mudah berkompetisi karena pertandingan akan diselenggarakan secara konsisten di hampir setiap akhir pekan, sepanjang 2020."

Program ini diharapkan juga makin meningkatkan popularitas olah raga basket di Indonesia. "Saat ini, berdasar pada riset kami, basket sudah menjadi olahraga nomor satu di kalangan anak muda Indonesia. Pada 2023 nanti, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah kompetisi basket kelas dunia. Kami berharap program Mainbasket bareng KFC dapat mendorong semangat masyarakat dalam menyemarakkan  program pemerintah menyambut kedatangan tim-tim basket dunia nanti. Semoga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik,” tambah Masany.

Rocky Padilla, salah seorang penggerak kultur basket di Indonesia, mengaku senang dengan kerjasama KFC dan DBL Indonesia. Menurutnya, Filipina bisa menjadi negara yang memiliki tim basket yang kuat di Asia Tenggara, karena olahraga ini sudah menjadi olahraga rakyat. Dengan menyelenggarakan kompetisi di gerai KFC, diyakini akan mendekatkan masyarakat Indonesia untuk semakin cinta dengan olahraga basket.

“Semoga nantinya program ini tidak hanya berhenti di tiga kota, tapi bisa menular ke cabang-cabang KFC dari Sabang sampai Merauke. Sehingga kita benar-benar bisa melihat olahraga basket menjadi inklusif dan jadi olahraga sehari-hari. Yang akhirnya bisa membawa prestasi lebih baik untuk Indonesia,” harapnya.

Penyelenggaraan Mainbasket bareng KFC akan dimulai pada awal 2020. Bila DBL Indonesia biasanya hanya menyelenggarakan kompetisi basket untuk pelajar, maka pada kompetisi 3x3 kali ini akan terdapat dua kategori, yaitu kategori pelajar SMA (U-18) dan kategori mahasiswa (U-23). Selain 3x3, maka juga akan dilakukan berbagai kompetisi lain seperti dance, basketball skill challenge, termasuk juga program basketball clinic. Seluruh informasi mengenai Mainbasket bareng KFC akan disampaikan melalui aplikasi DBL Play yang dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Playstore. (ajb)

Komentar