IBL

Keberhasilan Denver Nuggets menempati peringkat dua Wilayah musim lalu patut diacungi jempol. Pasalnya, prestasi ini berasal dari keberhasilan manajemen Nuggets dalam memilih pemain di draft plus mencari veteran yang tepat. Musim lalu, empat dari lima pemain utama Nuggets belum pernah memperkuat tim lain di luar Nuggets. Empat pemain itu adalah Jamal Murray, Garry Harris, Torrey Craig, dan Nikola Jokic. Satu nama tersisa adalah veteran, Paul Millsap.

Di barisan cadangan pun, isi pemain Nuggets tak banyak berbeda. Hampir semua pemain Nuggets dipilih oleh mereka sendiri di draft atau diambil dari pemain yang tidak terpilih (undrafted). Salah dua pemain cadangan yang musim lalu bersinar untuk Nuggets adalah Malik Beasley dan Juancho Hernangomez. Sayangnya, The Athletic baru saja mengabarkan bahwa kedua pemain tersebut tidak mendapatkan perpanjangan kontrak di musim ini.

Musim ini akan menjadi musim terakhir dari kontrak skala ruki keduanya. Keduanya masuk di kelas draft 2016. Juancho sebagai pilihan ke-15 sementara Malik terepilih empat urutan setelahnya. Tanpa perpanjangan kontrak, keduanya akan menjadi restricted free agent di musim panas 2020.

Musim lalu, Malik menyumbang rataan 11,3 poin, 2,5 rebound, dan 1,2 asis per gim dalam 81 penampilannya. Ia memiliki akurasi tripoin di angka 40,2 persen dan akurasi tembakan gratis 85 persen. Juancho bermain 11 gim lebih sedikit dan menyumbang rataan 5,8 poin plus 3,8 rebound per gim. Akurasi tripoin pemain asal Spanyo ini menyentuh 36 persen dan 77 persen dari garis tembakan gratis.

Meski sangat disayangkan, langkah Nuggets tak memberi perpanjangan kontrak kepada dua pemai ini dapat dimengerti. Pasalnya, Nuggets telah memberi perpanjangan kontrak maksimal skala ruki untuk dua bintang utama mereka, Nikola Jokic dan Jamal Murray. Di sisi lain, mereka juga masih menggenggam kontrak besar Paul Millsap.

Dilema seperti ini akan terus dihadapi oleh Nuggets di masa mendatang. Akan tiba saatnya Nuggets harus menentukan pilihan mereka untuk mempertahankan atau melepas pemain-pemain seperti Garry Harris, Will Barton, Michael Porter Jr., dan Monte Morris. Dan tentunya, masa-masa ini akan menjadi masa yang sulit untuk Nuggets. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar