IBL

Kompetisi basket pelajar terbesar di Ibukota akan memasuki fase bergengsi. Sebanyak 16 tim, 8 tim putra dan 8 tim putri, bersaing pada Honda DBL (De­velopmental Basketball League) 2019 DKI Jakarta Championship Series di GOR Soemantri Brodjo­negoro, Kuningan, Jakarta Sela­tan, 18-26 Oktober mendatang. Mereka  menyandang label juara atau peringkat dua wilayah (region) masing-masing. Yakni, West Region (Jakarta Barat), North Region (Jakarta Utara-Pusat), South Region (Jakarta Selatan), dan East Region (Jakarta Timur).

Para pemain dan ofisial diperke­nalkan kepada publik di sela rangkaian kegiatan Mainbasket Bareng DBL Play di Piazza Gandaria City, Ming­gu, 13 Oktober 2019. Ikut diundang juga para orang tua dan keluarga para pemain di acara yang meriah itu.  Setelah sesi perkenalan, diadakan sesi pengundian sebagai puncak acara. Perwakilan dari mas­ing-masing tim diberi kesempa­tan naik panggung, mengambil nomor untuk menentukan tempat pada Championship Se­ries nanti.

Berbeda dengan tingkat re­gional yang menggunakan sistem gugur, di Championship Series, format yang digunakan adalah setengah kompetisi. Delapan tim putra dan delapan tim putri dibagi menjadi dua grup, yaitu Grup A dan B. Hanya juara dan peringkat dua grup yang berhak melaju ke Fantastic Four atau semifinal. Pada babak ini, juara Grup A akan berha­dapan dengan peringkat dua Grup B, dan sebaliknya. Pemenang ber­hak melaju ke Grand Final yang digelar 26 Oktober, untuk menas­bihkan diri sebagai juara Seri DKI Jakarta.

Untuk kategori putri, peringkat satu seri Jakbar Kriza (julu­kan SMAK 1 Penabur) tergabung pada grup A bersama dengan juara North Region, SMAN 1 Ja­karta, peringkat dua East Region SMAN 21 Jakarta dan finalis South Region, SMAN 70 Jakarta. Sementara Grup B, juara seri Jaktim, SMA Labschool Rawamangun tergabung bersama pemegang gelar juara Champi­onship Series tahun lalu, SMAN 28 Jakarta. Keduanya juga ter­gabung dengan finalis West Re­gion dan North Region, SMA Dian Harapan dan SMA Santa Ursula.

Sementara di sektor putra, finalis Jaksel, SMA Cita Buana ter­gabung di Grup A bersama juara North Region, SMA Kolese Kanisius. Serta juara bertah­an Championship Series SMA Bukit Sion dan SMAN 39 Jakarta sebagai peringkat dua East Region. Tak kalah menarik pula persaingan Grup B yang dihuni juara Jaksel, SMAN 28 Jakarta, peringkat dua Jakbar yaitu SMA Dian Hara­pan, juara Jaktim SMAN 71 Jakarta dan peringkat dua North Region SMAK 5 Penabur.

Top 12 UBS Gold Dance Competition Tampil Memukau

Sebanyak 12 tim dance tampil memukau ribuan pas­ang mata yang hadir pada hari terakhir rangkaian acara Mainbasket Bareng DBL Play, di Piazza Gandaria City Mall, kemarin. Mereka adalah penyandang gelar tiga terbaik UBS Gold Dance Com­petition 2019 dari empat re­gional DKI Jakarta. Para penari pelajar itu tampil penuh semangat dengan menampilkan performa terbaik demi mendapa­tkan nilai tinggi dari para juri. Hasil positif di babak ini akan jadi modal menghadapi penjurian tahap akhir yang diadakan di Honda DBL 2019 DKI Jakarta Cham­pionship Series.

Nantinya, Top 12 UBS Gold Dance Competition ini diberi kesempa­tan untuk tampil kembali dan diseleksi hingga terpilihlah lima terbaik. Lima finalis itu akan tampil sekali lagi pada grand final tanggal 26 Oktober sebagai penentuan siapa yang akan berada di posisi pertama, kedua, dan ketiga.

Tim yang Lolos ke Honda DBL 2019 DKI Jakarta Championship Series di antaranya:

NORTH REGION (Jakarta Utara-Pusat)

Putra:

SMA Kolese Kanisius (champion)

SMAK 5 Penabur (runner-up)

Putri:

SMAN 1 Jakarta (champion)

SMA Santa Ursula (runner-up)

 

WEST REGION (Jakarta Barat)

Putra;

SMA Bukit Sion (champion)

SMA Dian Harapan (runner-up)

Putri;

SMAK 1 Penabur (champion)

SMA Dian Harapan (runner-up)

 

SOUTH REGION (Jakarta Selatan)

Putra;

SMAN 28 Jakarta (champion)

SMA Cita Buana (runner-up)

Putri;

SMAN 28 Jakarta (champion)

SMAN 70 Jakarta (runner-up)

 

EAST REGION (Jakarta Timur)

Putra;

SMAN 71 Jakarta (champion)

SMAN 39 Jakarta (runner-up)

Putri;

SMA Labschool Rawamangun (champion)

SMAN 21 Jakarta (runner-up)

 

Hasil Drawing Honda DBL 2019 DKI Jakarta Championship Series:

Kategori Putra

Grup A:

1. SMA Cita Buana

2. SMA Bukit Sion

3. SMAN 39 Jakarta

4. SMA Kanisius

Grup B:

1. SMAN 28 Jakarta

2. SMA Dian Harapan

3. SMAN 71 Jakarta

4. SMAK 5 Penabur

Kategori Putri

Grup A:

1. SMAN 70 Jakarta

2. SMAN 21 Jakarta

3. SMAK 1 Penabur

4. SMAN 1 Jakarta

Grup B:

1. SMAN 28 Jakarta

2. SMA Labschool Rawamangun

3. SMA Dian Harapan

4. SMA Santa Ursula

(ajb)

Komentar