IBL

Jim Boylen menilai tinggi Wendell Carter Jr. Menurutnya, anak asuhnya itu bisa menjadi pemain hebat. Ia melihat Carter Jr. punya potensi seperti pemain legendaris NBA Hakeem Olajuwon.

Boylen mengungkap bayangan itu kepada media. Ia mengatakan, Carter Jr. dilengkapi fisik, kecerdasan, dan gerakan kaki yang hebat. Sama seperti Olajuwon. Hanya saja, Carter Jr. membutuhkan waktu untuk memaksimalkan kemampuannya.

“Saya tidak sempat melatih Hakeem pada usia 19 dan 20, tetapi saya pikir instingnya, kehadiran fisiknya, kombinasi kecerdasannya, kakinya, saya pikir memberinya, dengan pengalaman, kemampuan untuk melakukan beberapa hal, kemampuan untuk memengaruhi permainan di kedua sisi,” jelas Boylen per NBA.com.

Menurut Boylen, semua hal itu dimiliki Carter Jr. sekarang. Sang pemain mampu menjaga ring. Ia juga mampu mendulang angka.

“Dia akan beradaptasi dan dia akan tumbuh,” kata Boylen. “Saya pikir orang-orang meremehkan seberapa pintar dia. Saya pikir itu hal yang sangat besar. Dia tahu apa yang kami lakukan. Dia tidak pernah bertanya, 'Apa yang kita lakukan di sana?' Atau 'Bagaimana cara kerjanya?' Dia adalah pemuda yang cerdas. Dan saya sudah mengatakan ini sebelumnya, dia tahan banting. Jika Anda bisa melakukan itu, Bung, Anda dapat melakukan apa saja di dunia ini.”

Sayangnya, karier perdana Carter Jr. di NBA terantuk cedera. Ia hanya tampil sebanyak 44 kali pada 2018-2019. Namun, Carter Jr. mampu memanfaatkan kesempatan itu untuk mendulang 10,3 poin, 7 rebound, 1,8 asis, dan 1,3 steal per pertandingan. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 48,5 persen, dengan efektivitas 49,3 persen, dan true shooting percentage 54,1 persen.

Boylen berharap, Carter Jr. bisa sehat sepanjang musim nanti. Ia ingin melihat anak asuhnya berkembang dengan baik. Performanya musim lalu dianggap sudah baik. Seandainya cedera tidak menahannya, mungkin saja ia bisa lebih baik.

Carter Jr. sendiri kini berusaha untuk jadi seperti apa yang diharapkan. Seandainya Boylen menganggapnya punya potensi seperti Olajuwon, ia akan melatihnya. Apalagi Carter Jr. baru masuk dan punya banyak waktu untuk meningkatkan permainannya. (put)

Foto: Chicago Bulls/NBA

Komentar