IBL

Faisal Julius Achmad keluar dari Pelita Jaya Basketball Club. Ia memutuskan untuk menanggalkan statusnya sebagai asisten pelatih. Ia resmi meninggalkan tim sejak Senin, 30 September 2019.

Menurut Faisal, keputusannya untuk keluar dari Pelita Jaya sudah dipikirkan sejak lama. Ia hendak bekerja di salah satu badan usaha. Sehingga tidak bisa lagi fokus di dunia bola basket profesional.

“Iya, saya mau kerja,” kata Faisal. “Saya merasa sudah cukup di sini. Sebenarnya, secara angka, saya bisa dapat lebih di basket. Namun, saya perlu memikirkan masa depan juga. Saya butuh suasana baru. Saya memikirkan pekerjaan yang stabil, yang bisa dijadikan pegangan untuk masa depan. Soalnya saya berpikir ini demi keluarga.”

Bagi Faisal, meninggalkan dunia yang sudah lama ia tekuni sangatlah sulit. Ia perlu beberapa waktu untuk memikirkannya. Sampai akhirnya berani memutuskan.

Dengan keputusan itu, Pelita Jaya kehilangan seorang asisten pelatih. Manajer Umum Fictor Gideon Roring pun merasa timnya kini berlubang. Namun, ia menghormati segala keputusan Faisal. Bagaimanapun, Ito—sapaan akrabnya—tidak bisa memaksa kehendak seseorang untuk menetap. Ia membiarkan Faisal menentukan masa depannya sendiri.

“Tentu ini kehilangan besar bagi kami, Pelita Jaya, mengingat apa yang sudah dia berikan selama ini,” ujar Ito. “Dia (Faisal) sudah banyak bantu kami. Waktu juara, dia juga bantu kami. Waktu itu masih jadi pemain. Terus, dia jadi pelatih dan bantu kami menangani pemain-pemain.”     

Selama bertugas sebagai asisten pelatih, Faisal merupakan sosok pengayom. Ia selalu bersemangat membimbing para pemain, terutama anak-anak muda, sehingga mereka bisa berkembang. Gabriel Risky, misalnya, merasa beruntung bisa dibimbing olehnya.

“Mas Faisal adalah pemain yang sangat hebat pada masanya, pengalamannya pun sangat banyak, jadi banyak yang bisa di-share kepada saya," ujar pemain yang akrab disapa Gabu itu. "Setiap selesai latihan pun, saya sering adu shooting dengan Mas Faisal. Taruhannya push up, kadang juga kopi. Dan lucunya, saya kalah melulu. Padahal Mas Faisal sudah dua tahun pensiun.”

Faisal sendiri telah berkarier di dunia bola basket, baik sebagai pemain maupun pelatih, selama 20 tahun. Ia sempat bermain untuk dua tim berbeda: Satria Muda Jakarta dan Pelita Jaya. Faisal bahkan mengantarkan Pelita Jaya juara sebelum pensiun pada 2017.

Usai pensiun, Faisal langsung terjun ke dunia kepelatihan. Ito merekrutnya sebagai asisten pelatih. Faisal pun bertugas selama dua musim sampai memutuskan mundur.

 

Setelah resmi meninggalkan tim hari ini, Faisal akan mulai fokus pada pekerjaan barunya. Namun, di sisi lain, ia tidak akan pernah benar-benar meninggalkan bola basket. Faisal mengaku akan terus bermain meski di tingkat amatir sekalipun. Sebab, di sela-sela pekerjaan, ia masih punya waktu untuk itu. Ia juga akan membuka peluang bagi mereka yang ingin berlatih privat dengannya. (put)

Foto: Hariyanto

Komentar