IBL

IBL 2018-2019 baru berjalan satu seri. Namun sudah ada perubahan roster yang dilakukan oleh kontestan liga. Ada tiga tim yang melakukan pergantian yaitu Pelita Jaya Basketball Club, Satya Wacana Salatiga, dan Stapac Jakarta. Pergantian ini bukan hanya pemain saja, namun ada juga yang mengganti offisial tim.

Pelita Jaya sama sekali belum bermain di IBL 2018-2019. Jadwal mereka dikosongkan untuk Seri 1 Semarang, karena beberapa pemain dan ofisial terlibat di timnas Indonesia. Mereka bertanding di gelaran Pra-Kualifikasi Wilayah Timur Piala Asia FIBA 2018 di Thailand.

Meski belum bertanding, Pelita Jaya sudah melakukan pergantian nakhoda. Johannis Winar digeser dari kepala pelatih menjadi asisten pelatih. Sedangkan posisi kepala pelatih kali ini dipegang oleh Fictor Gideon Roring. Sebelumnya, Fictor Roring menjabat sebagai manajer tim. Posisi manajer kini ditempati oleh Nugroho Budi Cahyono.

Di Seri Jakarta nanti, Pelita Jaya akan berhadapan dengan Prawira (7 Desember 2018), Satria Muda Pertamina Jakarta (8 Desember 2018), dan Satya Wacana Salatiga (9 Desember 2018).

Berbeda dengan Pelita Jaya, Satya Wacana Salatiga melakukan pergantian pemain asing. Mereka mengganti Ronald A Whitaker Joseph dengan Raymond Edward Miller Jr.. Di Seri 1 Semarang, Satya Wacana menang satu dari tiga pertandingan. Withaker bermain dua dari tiga laga Satya Wacana di Seri 1 Semarang. Ia mencetak rata-rata 8,5 PPG dan 4,0 RPG.

Stapac Jakarta mengganti pemain dan ofisial. Dari sisi pemain, Jordin D. Mayes yang cedera lutut digantikan oleh Kendal Lee Yancy. Jordin Meyes hanya bermain selama delapan menit dan menyumbang dua poin saat Stapac kalah dari Siliwangi Bogor. Stapac juga melakukan pergantian pemain asing sebelum Seri 1 Semarang, mereka mengganti Keenan Peterson dengan Savon Rafriyq Llyod Goodman. Di Semarang, Stapac menang satu dari dua laga.

Perubahan juga terjadi di sisi ofisial Stapac. Gagan Rachmat yang sebelumnya menjabat sebagai manajer tim kini digantikan oleh Jugianto Kuntardjo. (tor)

Foto: fiba.com dan Hariyanto

Komentar