IBL

Houston Rockets masih belum berhenti mencari skuat terbaik mereka jelang menjalani pemusatan latihan dua hari lagi. Dilansir The Athletic, Rockets barus saja menambah skuat untuk pemusatan latihan dengan membawa “pulang” mantan pemain mereka, Ryan Anderson. Sumber yang sama menyebutkan bahwa kesepakatan ini hanya tidak bergaransi penuh, hanya sebagian.

Ryan menjalani musim lalu bersama dua tim, Phoenix Suns dan Miami Heat. Namun, dua perjalanan tersebut tak bisa dibilang bagus. Total ia tercatat bermain hanya 25 gim sepanjang musim dengan rincian 10 bersama Heat dan sisanya bersama Suns. Dari jumlah yang sangat kecil itu, ia hanya menyumbangkan statistik 2,5 poin dan 2,2 rebound per gim.

Apa yang ditunjukkan oleh Ryan musim lalu jauh dari apa yang pernah ia tunjukkan di masa jayanya. Di musim 2013-2014, ia berhasil mencatatkan statistik terbaiknya dengan 19,8 poin dan 6,5 rebound per gim. Di musim itu, ia masih membela New Orleans Hornets. Dua musim sebelumnya, nama Ryan bahkan masuk dalam kolam pemain untuk tim nasional Amerika Serikat.

Dalam kurun 2010—2017, pemain yang kini berusia 31 tahun ini selalu berhasil mencatatkan rataan dua digit poin di tiap musimnya. Termasuk di dalamnya adalah 13,6 poin plus 4,6 rebound di musim 2016-2017 bersama Rockets. Sayangnya, di musim selanjutnya, Ryan gagal mempertahankan performa apiknya dan akhirnya ditukar ke Suns.

Meski menurun, Rockets rasanya masih bisa mengandalkan kemampuan tripoin Ryan yang tak luntur. Ryan bahkan bisa dibilang menjadi salah satu pionir stretch four di liga bersama pemain seperti Chris Bosh dan Kevin Love. Sejak pertama kali masuk NBA pada 2008, rataan akurasi tripoin Ryan adalah 38 persen.

Melihat keberadaan Russell Westbrook dan James Harden di dalam skuat, hadirnya pemain-pemain dengan akurasi tripoin tinggi di sekitar mereka akan sangat penting. Pasalnya, kedua pemain ini punya kebiasaan membawa bola dalam waktu yang lama dan memancing banyak pemain lawan untuk mengepung mereka. Hal ini membuat para penembak jitu bisa mencari tempat terbaik mereka dan menanti umpan dari dua megabintang tersebut. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar