IBL

Amerika Serikat kepayahan di Piala Dunia 2019. Mereka bukan hanya gagal mempertahankan juara, tetapi juga jatuh sejatuh-jatuhnya. Amerika Serikat tidak mampu menembus final. Mereka terantuk di peringkat tujuh.

Hasil dari kejuaraan dunia tentu jauh dari kata sukses bagi Amerika Serikat. Namun, mereka tidak akan berhenti di Piala Dunia saja. Pada 2020, tim nasional Negeri Paman Sam itu punya kesempatan untuk memperbaiki nama. Mereka akan mengikuti Olimpiade di Jepang dan berusaha menjuarainya.

Donovan Mitchell, salah satu penggawa Amerika Serikat, misalnya, percaya bahwa timnya akan siap ketika waktunya tiba. Mereka berusaha untuk menjadi tim yang lebih baik sampai saat itu. Apalagi Piala Dunia telah menyisakan pelajaran berharga.

“Saya bersemangat,” kata Mitchell seperti dikutip situs resmi FIBA untuk Piala Dunia 2019. “Saya percaya pemain-pemain NBA—siapa pun yang terpilih—akan siap.”

Mitchell bercermin pada dua pertandingan terakhir Amerika Serikat di Piala Dunia tahun ini. Menurutnya, mereka mampu bermain dengan baik. Amerika Serikat sempat jatuh, tetapi bisa bangkit. Itu menunjukkan bahwa tekad mereka untuk menang cukup besar. Mereka ingin menunjukkan itu di kesempatan lain.

Garda Utah Jazz itu sendiri juga telah memetik banyak pelajaran secara individu. Ia kini punya gambaran tentang peta persaingan di kancah internasional. Mitchell ingin membuat dirinya siap lain waktu.

“Bagi saya, ini pengalaman luar biasa,” kata Mitchell lagi. “Semua orang hanya melihat tujuan akhir, tetapi ketika Anda duduk dan memikirkannya, "Saya bermain untuk tim Amerika Serikat." Saya pikir itu sendiri luar biasa, jadi ya itu pasti sepadan. Saya beruntung telah melakukan ini. Tentu saja, saya ingin melakukannya lagi karena diberi kesempatan. Saya suka tim ini.”

Mitchell kini punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan diri. Olimpiade baru mulai tahun depan. Mitchell akan fokus dulu dengan apa yang ada di depannya, yaitu NBA 2019-2020. Jazz ingin bermain di level yang lebih tinggi. Mitchell mesti membantunya. Ia sekaligus akan mengasah kemampuannya lagi di sana. (put)

Foto: FIBA

Komentar