IBL

ASEAN Basketball League (ABL) akhirnya mengumumkan secara resmi tim baru yang akan mengikuti musim 2019-2020. Melalui situs dan akun media sosial resmi mereka, ABL mengumumkan tim baru itu adalah Fubon Braves, tim asal Cina Taipei. Kabar bergabungnya Fubon Braves sebenarnya sudah mulai mencuat sekitar satu bulan belakangan. Namun, ABL baru resmi memberikan pengumuman pada hari ini, Senin, 9 September 2019.

Sebelum ini, Fubon Braves bermain di liga basket Taiwan bernama Super Basketball League (SBL). Mereka resmi bergabung dengan SBL pada 2014 lalu setelah melalui 10 kali pergantian nama sejak berdiri pada 1983. Di musim 2018-2019, Fubon Braves menjadi juara SBL setelah mengalahkan Taiwan Beer.

Menariknya, pengumuman resmi bergabungnya Fubon Braves ini juga menyinggung masa depan juara bertahan ABL sekaligus wakil dari Indonesia, CLS Knights. Disebutkan bahwa Fubon Braves akan menggantikan posisi CLS Knights dan membuat jumlah peserta ABL musim depan akan tetap berada di 10 peserta.

Ini merupakan pengumuman resmi pertama baik dari ABL atau CLS Knights tentang kebersamaan mereka. Sebelumnya, tidak ada satupun pihak yang mampu memberi keputusan mengenai kelanjutan CLS Knights di ABL.

CLS Knights bergabung dengan ABL pada musim 2017-2018, beberapa waktu setelah mereka memastikan undur diri dari Indonesian Basketball League (IBL). CLS Knights mundur dari IBL lantaran menemukan kesulitan untuk merubah status hukum mereka dari yayasan ke Perseroan Terbatas (PT).

Di musim pertama, CLS Knights bisa dibilang hancur lebur dengan hanya meraih lima kemenangan dan gagal lolos ke playoff. Di musim kedua, tepatnya musim 2018-2019, CLS Knights tampil perkasa dengan membawa pulang gelar juara. Menjadikan mereka tim Indonesia kedua yang berhasil meraih gelar juara ABL setelah Indonesia Warriors.(DRMK)

Foto: Yoga Prakasita

 

Komentar