IBL

Lauri Markkanen baru bermain selama dua musim di NBA. Namun, ia telah menjadi tumpuan harapan Chicago Bulls. Mereka berharap banyak padanya.

Bulls bahkan berniat menambah jam terbang Markkanen sebagai senter. Padahal posisi aslinya adalah forwarda. Lebih tepatnya power forward. Bulls ingin Markkanen lebih fleksibel mengisi berbagai posisi pemain besar (bigman).

Pemain asal Finlandia itu sebelumnya juga sering bermain sebagai stretch four. Bulls bisa menariknya sampai keluar garis tripoin. Sebab, ia memiliki kemampuan menembak jarak jauh. Persentase tripoinnya selama dua musim mencapai 36,2 persen.

Markkanen juga merupakan pemain yang produktif. Ia tampil dalam 120 pertandingan sejak 2017 dengan rata-rata 16,7 poin, 8,2 rebound, dan 1,3 asis. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 43,2 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 51,2 persen. True shooting percentage 55,3 persen.

Dengan statistik seperti itu, Markkanen mendapat julukan The Finnisher. Julukan itu merupakan gabungan kata “finnish” (orang Finlandia) dan “finisher” (eksekutor). Sebab, Markkanen memiliki kemampuan sebagai pencetak angka yang andal. Ia merupakan ancaman bagi pertahanan lawan.

Seandainya Markkanen bermain lebih sering sebagai senter, ia dinilai dapat mengancam lebih banyak sisi. Kecepatannya akan menyulitkan senter lawan yang lebih lambat. Ia juga dapat menarik lawan untuk keluar dari zona bawah ring sehingga pemain lain lebih bebas masuk ke sana.

Bulls saat ini masih punya waktu untuk persiapan musim baru. Mereka punya waktu setidaknya sampai Oktober mendatang. Sebab, NBA 2019-2020 akan dimulai bulan itu. Berarti ada sekitar satu bulan hingga saat itu tiba. Markkanen bisa bersiap-siap. (put)

Foto: NBA

Komentar