IBL

Los Angeles Lakers resmi menggaet Dwight Howard. Manajer Umum Rob Pelinka mengumumkan itu hari ini, Senin 26 Agustus 2019 waktu setempat. Namun, ia tidak menjelaskan detail kontraknya.

Dengan kontrak itu, Howard akan kembali ke Los Angeles untuk pertama kalinya. Sebab, sebelum ini, ia memang sempat membela Lakers. Howard membela mereka selama semusim pada 2012-2013.

Berbeda dengan sebelumnya, Howard tidak akan mengenakan jersey bernomor punggung 12 lagi di Lakers. Sebagai gantinya, ia akan mengenakan nomor 39. Shams Charania, The Athletic, mengabarkan hal itu lewat cuitannya di Twitter.

Ketika membela Washington Wizards pada 2018-2019 lalu, Howard juga tidak mengenakan nomor 12. Ia membaliknya dengan mengenakan nomor 21. Howard bahkan mengenakan nomor 8, yang jauh dari unsur angka 12, ketika membela Atlanta Hawks pada 2016-2017.

Howard sendiri telah menyelesaikan masalah kontraknya bersama Memphis Grizzlies untuk kembali ke Lakers. Mereka melakukan buyout agar bisa terbebas satu sama lain. Grizzlies melunasi sisa kontrak Howard, sementara sang pemain merelakan uang sekitar AS$2,6 juta dari total AS$5,6 juta agar bisa segera pergi dari Memphis.

Perjalanan Howard untuk kembali ke Lakers tidaklah mudah. Ia mesti melewati uji coba latihan minggu lalu. Sebab, Lakers juga punya kandidat lain seperti Joakim Noah. Namun, tim asal Los Angeles itu akhirnya memilih Howard.

Lakers bahkan mengundang Howard untuk bertemu dengan manajemen dan pelatih. Tiga pemain seperti Anthony Davis, Rajon Rondo, dan JaVale McGee juga ikut dalam pertemuan itu. Mereka ingin melihat sejauh mana keseriusan Howard untuk kembali ke sana.  

Howard berhasil mengesankan Lakers. Mereka pun sepakat untuk rujuk. Apalagi mengingat Lakers sedang membutuhkan seorang senter untuk menggantikan DeMarcus Cousins.

Cousins mengalami cedera lutut ketika berlatih. Cedera itu membuatnya absen cukup lama. Lakers tidak bisa menunggu Cousins untuk sembuh. Mereka membutuhkan pengganti yang pas. Sebab, Lakers hendak mengejar gelar juara pada 2019-2020.

Howard belakangan ini juga menarik diri dari egonya sendiri. Ia boleh jadi seorang bintang pada masa lampau, tetapi tidak hari ini. Howard sadar dirinya sudah tidak seperti dulu lagi. Sehingga ia hanya ingin berkontribusi tanpa memenuhi egonya sendiri.

Dengan segala yang terjadi sebelum ini, Howard siap untuk melakoni kehidupan baru bersama Lakers. Mereka akan mempersiapkannya pada musim panas ini. NBA 2019-2020 menjadi pembuktian bagi kedua belah pihak. (put)

Foto: NBA

Komentar