IBL

Michael Jordan terkenal sebagai seorang pemain bola basket terbaik sepanjang masa. Namun, itu hanya salah satunya. Di luar sana, Jordan juga terkenal sebagai seorang pebisnis. Jordan Brand memberinya kekayaan melimpah. Ia kini seorang hartawan.

Selain Jordan, masih banyak pemain yang kaya raya. Saya mengulas lima pemain itu dalam tulisan ini. Beberapa mungkin sudah bisa ditebak. Namun, ada pula yang tidak disangka-sangka masuk dalam deretan pemain NBA terkaya pada 2019.

Shaquille O’Neal

Semasa mudanya, terutama ketika ruki, O’Neal banyak menghabiskan uang. Ia kemudian sadar bahwa uang yang didapat dari NBA mestinya bisa ia putar. O’Neal pun sekolah lagi agar bisa melakukan bisnis. Pada akhirnya, hasilnya terlihat. O’Neal merupakan pemain dengan total kekayaan kelima terbanyak di NBA. Ia meraup kekayaan mencapai AS$400 juta.

Kekayaan itu tentu saja tidak didapatnya dengan mudah. O’Neal mesti bekerja keras sebagai seorang pemain pada zamannya. Ia berlatih untuk menjadi senter dominan yang sangat kuat di bawah ring. Sehingga profilnya bisa naik, naik, dan naik.

LeBron James

Nama James seringkali disandingkan dengan Jordan. Orang-orang berdebat tentang siapa yang lebih pantas disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Namun, perdebatan itu selalu berakhir tanpa hasil. Semua punya argumennya masing-masing. Tidak ada simpulan yang benar-benar fasih.

James banyak meraup untung dari kariernya sebagai seorang pemain bola basket. Ia tidak hanya mendapat kontrak besar dari klub NBA, tetapi juga dari kerja samanya dengan merek seperti Nike. Belum lagi bisnisnya yang tumbuh satu per satu sehingga James kini dapat meraup untung hingga AS$440 juta.

Earvin Johnson

Orang-orang memanggil Johnson dengan sebutan Magic. Penampilannya ketika masih aktif bermain bola basket bersama Los Angeles Lakers memang bak sihir. Johnson adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA.

Selain baik dalam bermain bola basket, Johnson juga pandai berbisnis. Ia memiliki bisnis di mana-mana sehingga menjadi pemain yang kaya raya. Johnson hingga kini bahkan masih punya kerja sama dengan Starbuck, Fridays, dan 24 Hour Fitness. Kekayaannya kurang-lebih AS$600 juta.

Junior Bridgeman

Siapa yang kenal Bridgeman? Namanya begitu asing di antara empat pemain terkaya lainnya. Namun, Bridgeman merupakan pemain legendaris. Ia pernah bermain untuk Milwaukee Bucks dan Los Angeles Clippers. Bucks bahkan mengistirahatkan jerseynya untuk menghormatinya.

Bridgeman bukan pemain yang sarat prestasi. Ia belum pernah juara. Hanya saja bisnisnnya lancar di luar sana. Ia memiliki lebih dari 160 outlet restoran dengan 118 cabang yang terus bertambah. Kekayaannya mencapai AS$600 juta.

Michael Jordan

Jordan merupakan pemain bola basket paling berhasil dalam sejarah NBA. Thomas Hauser, penulis buku biografi Muhammad Ali, bahkan menyebut sebagai tiga atlet terbaik dunia. Jordan setidaknya besar karena berhasil mengangkat dirinya secara finansial dan mengubah peta kekuatan ekonomi dalam dunia olahraga.

Kerja sama Jordan dengan Nike hingga kini masih berlangsung. Jordan Brand tersebar di mana-mana. Produknya, terutama sepatu, masih laku di pasaran. Harganya pun bisa sangat mahal. Belum lagi bisnis pribadinya yang membuatnya semakin kaya. Kekayaan Jordan bisa mencapai AS$1,5 miliar.

Foto: NBA

Komentar