IBL

Joseph Tsai semakin serius untuk memiliki Brooklyn Nets. Ia hendak membeli sisa saham dari hartawan Rusia Mikhail Prokhorov. Kesepakatan itu akan segera diumumkan pada minggu ini.

Salah satu pendiri Alibaba itu sebelumnya sudah membeli 49 persen saham Nets seharga AS$1 miliar. Ia kemudian akan mengakuisisi 51 persen sisanya tahun ini. Harganya mencapai AS$1,35 miliar.

Jika ditotal, Tsai berarti sudah mengeluarkan uang mencapai AS$2,35 miliar untuk mendapatkan Nets. Itu akan menjadi rekor pembelian tim terbesar dalam sejarah industri olahraga. Tsai mengalahkan David Tepper yang membeli Carolina Panthers (NFL) dan Tilman Fertitta yang membeli Houston Rockets seharga AS$2,2 miliar.

Nets sendiri pada musim panas melakukan transfer besar-besaran. Mereka merekrut dua superstar Kyrie Irving dan Kevin Durant. Kedua pemain itu akan diharapkan memberikan keuntungan sendiri bagi Tsai. Nets ingin Irving dan Durant tidak hanya berguna bagi tim, tetapi juga dapat menarik perhatian lebih banyak penggemar di seluruh dunia. Salah satunya dengan datang ke gelanggang untuk menyaksikan pertandingan Nets.

Sementara itu, dengan pembelian ini, Tsai semakin terkenal di Amerika Serikat. Ia menancapkan dirinya pada satu akar bisnis di NBA. Pembelian ini juga menegaskan satu hal: Pertumbuhan kehadiran NBA di Cina. Apalagi mengingat Tsai sebagai anggota NBA Cina.

Selain membeli Nets, Tsai juga kabarnya hendak membeli Barclays Center dan Nassau Coliseum di Uniondale. NBA memang mendorong para pemilik untuk memiliki arena sendiri. Dengan membeli fasilitas itu, hartawan keturunan Taiwan-Kanada tersebut akan memiliki Nets sepenuhnya. (put)

Foto: NBA

Komentar