IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta baru saja mengikuti Elang Cup 3 2019 di Medan. Mereka berhasil menduduki peringkat kelima. Setelah turnamen, mereka akan segera kembali ke Jakarta untuk melakukan evaluasi permainan. Kepala Pelatih Youbel Sondakh menuturkan, untuk komposisi pemain masih bisa berubah, seiring dinamika tim nasional. Pertukaran pemain kemungkinan bisa terjadi hingga jelas kompetisi musim 2019-2020 dimulai.

Youbel memberikan beberapa catatan terkait penampilan Satria Muda di Medan. Ia menilai bahwa di sektor big man masih perlu tambahan latihan. Youbel ingin para pemain berpostur tinggi juga mengikuti tren permainan basket modern. Seperti memperbaiki akurasi tembakan serta lebih disiplin dalam bertahan.

"Ada beberapa catatan terkait evaluasi yang harus dilakukan dari hasil yang diperoleh Satria Muda. Dari big man sendiri, saya rasa perlu ada tambahan latihan. Supaya mereka bisa menyesuaikan dengan tren basket modern saat ini. Terutama dalam menjaga (bertahan), pemain-pemain kami terkadang masih kurang disiplin," ucapnya.

Satria Muda tampil dengan komposisi berbeda di Medan. Sebab, beberapa pemain utama bergabung di Indonesia Selection, seperti Hardianus, Juan Laurent Kokodiputra, dan Laurentius Steven Oei. Namun ada beberapa pemain yang mencuri perhatian Youbel ketika bertanding di Elang Cup. Untuk mendukung penampilan mereka, Satria Muda membawa pemain asing Nashon George dan Brachon Griffin.

"Secara umum, pemain-pemain lokal kami tampil baik. Memang masih ada masalah dalam hal mencari konsistensi," kata Youbel. "Avan Seputra, Christian Gunawan, dan Sandy Ibrahim, saya rasa mampu menjawab kepercayaan dengan baik. Mereka tampil bagus di Medan."

Terakhir, Youbel menyoroti komposisi pemain untuk musim depan. Menurutnya masih ada kemungkinan terjadi perubahan. Terutama karena faktor tim nasional.

"Terkait komposisi pemain untuk menyambut musim yang baru (2019-2019), saya rasa masih banyak hal yang mungkin terjadi sebelum liga dimulai. Terutama melihat dinamika tim nasional Indonesia. Pasti akan ada perubahan pemain. Pertukaran pemain (trade) mungkin sekali terjadi. Bergantung pada dinamika tim nasional nanti. Kami akan menyesuaikan hingga saat terakhir sebelum liga dimulai," jelasnya.

Satria Muda menjalani empat pertandingan di Elang Cup 3 2019. Mereka kalah di dua laga penyisihan, yaitu melawan CSP Devils (83-88), dan BBM Vikings Warriors Surabaya (82-84). Satria Muda bangkit di laga ketiga, dengan mengalahkan Adroit Singapore (93-89). Penampilan di Medan ditutup dengan kemenangan 101-90 atas Red Baron Malaysia. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar