IBL

Ricky Rubio bergabung dengan Phoenix Suns pada musim panas 2019 ini. Ia akan menjadi senior yang membimbing para pemain muda. Rubio bahkan berpikir untuk mendorong pemain seperti Devin Booker dan Deandre Ayton mencapai potensi terbaiknya.

Rubio sendiri sudah berbicara kepada Booker dan Ayton. Ia mengakui senang bisa bekerja sama dengan dua pemain muda itu. Ia berharap bisa membagikan semua ilmunya untuk meningkatkan mereka.

“Saya dapat membantu mereka mencapai potensi terbaiknya,” kata Rubio per NBA.com. “Deandre, Devin Booker, saya telah berbicara kepada mereka beberapa hari ini dan mereka juga senang. Tidak sabar untuk berlatih dengan mereka.”

Rubio bergabung dengan Suns pada Juli lalu. Ia menandatangani kontrak tiga tahun senilai AS$51 juta. Rubio akan membantu Suns memimpin tim di lapangan sebagai garda utama. Kebetulan tim asal Phoenix tersebut memang membutuhkan pemain seperti itu sejak lama.

 

Dengan kemampuannya, Suns percaya Rubio dapat membuat tim menjadi lebih baik. Apalagi mengingat catatannya selama ini. Rubio merupakan garda dengan rata-rata asis peringkat lima di antara pemain aktif dan peringkat 18 dalam daftar sepanjang masa.

Rubio juga punya kemampuan bertahan yang bagus. Ia berada di peringkat dua dalam hal mencuri bola di antara pemain aktif dan peringkat 19 dalam daftar sepanjang masa. Dua senjata itulah yang membuatnya masih bisa bertahan di NBA hingga dewasa ini.

Ketika Rubio bermain sebagai garda utama, Suns bisa kembali menggeser Booker ke garda tembak. Dengan begitu, ia bisa fokus untuk mencetak angka sesuai keahliannya. Sementara Ayton—yang bermain sebagai senter—diharapkan bisa mendapatkan lebih banyak asupan. Sehingga Suns bisa bangkit pada 2019-2020. (put)

Foto: NBA

Komentar