IBL

Mainbasket 3x3 Indonesia Competition 2019 sudah bergulir di enam kota, yaitu Banjarmasin, Samarinda, Padang, Kupang, Cirebon, dan Bekasi. Sabtu malam, 3 Agustus 2019, berlangsung laga final serentak di enam kota tersebut. Berikut daftar pemenang, pemain terbaik, serta foto-foto keseruan final.

Banjarmasin

Tampaknya basket sudah melekat di darah siswa-siswi SMAN 1 Banjarbaru. Malam ini, tim putri SMAN 1 Banjarbaru A keluar sebagai juara setelah menang 5-3 atas SMAN 1 Tanjung A. Sedangkan di kategori putra, tim SMAN 7 Banjarmasin A menang atas SMAN 1 Banjarmasin B dengan skor 8-4. Untuk kategori putri, pemain terbaiknya adalah Rakhea Jasmine, lalu untuk pemain terbaik putra direbut oleh M. Amin.

 

Bekasi

Tim putra dan putri SMAN 2 Tambun Selatan mendominasi final Mainbasket 3x3 tahun ini. Tim putra menang atas SMA Ananda B dengan skor 8-7. Sedangkan tim putri mengalahkan SMAK Anglo Lippo dengan skor 5-2. Dominasi SMAN 2 Tambun Selatan karena dua pemain terbaiknya yaitu Akbar Tabilah (putra) dan Indi Nazila (putri).

Kupang

Tim putra SMA Kristen 2 Kupang A bertemu SMA Regina Pacis Bajawa di final Mainbasket 3x3. Meski sempat memberi perlawanan sengit, SMA Regina Pacis harus menyerah dengan skor 7-8. Artinya, SMA Kristen 2 Kupang A menjadi juara tahun ini. Di sektor putri, tim putri SMAN 1 Kupang terlalu tangguh untuk SMAN 3 Kupang. Tim Smansa menang dengan skor telak 12-0. Dua pemain terbaik dari Kupang adalah Avatas Sargamantha Ndoen untuk kategori putra, dan Engualion Kasse di kategori putri.

Cirebon

Tim putra SMAN 2 Kuningan D keluar sebagai juara Mainbasket 3x3 dari kota Cirebon setelah menang telak (13-1) atas SMK Al-Jabbar Ciledug di laga final. Sedangkan di kategori putri, juaranya adalah SMA BPK Penabur Cirebon yang sukses menundukkan SMAN 2 Kundingan A dengan skor 7-5. Pemain terbaik putra direbut oleh M. Inzaghi Putra, dan pemain terbaik putri adalah Shinta Dewi Andreani.

 

Samarinda

Tim putra SMKN 6 Balikpapan tampak perkasa di babak penyisihan. Namun mereka tidak berdaya di hadapan tim putra SMAN 1 Balikpapan A. Di final, SMAN 1 Balikpapan A menang dengan skor 9-5. Di sektor putri, SMAN 4 Balikpapan mengalahkan SMAN 6 Balikpapan dengan skor akhir 10-4. Pemain terbaik putra dari Samarinda adalah Mathew Ardika, dan pemain terbaik putri yaitu Florela Kezia.

Padang

Di Padang, laga final Mainbasket 3x3 Indonesia Competition 2019 tak kalah seru. SMAN 1 Payakumbuh menjadi juara setelah menyudahi perlawanan SMAN 2 Pariaman dengan skor tipis 8-7. Kemudian tim putri SMAN 2 Payakumbuh A keluar sebagai juara, lewat kemenangan 9-6 atas SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Fadil Akbar menjadi pemain terbaik putra, dan Dwi Putri Maharani menjadi pemain terbaik putri.

Mainbasket 3x3 Indonesia Competition 2019 merupakan turnamen lanjutan Loop 3x3 Competition. Turnamen ini khusus untuk anak SMA dan sederajat yang juga menjadi bagian dari Honda DBL 2019 yang kini digelar 30 kota dan 22 provinsi.

Turnamen ini juga bertujuan untuk membawa semakin banyak anak Indonesia menuju dunia FIBA 3x3. Sebab salah satu syarat utamanya yaitu pemain harus punya akun di play.fiba3x3.com. Akun ini akan mencatat semua aktifitas pemain di dunia 3x3. Bahkan mereka bisa tampil di pentas dunia bila berhasil mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Mainbasket 3x3 akan hadir di Surabaya, Padang, Banjarmasin, Banda Aceh, Malang, Semarang, Solo, Makassar, Samarinda, Manado, Bekasi, Cirebon, Denpasar, Medan, Lampung, Mataram, Bogor, Bandung, Jayapura, Kupang, Pekanbaru, Tangerang, Yogyakarta, Jambi, Pontianak, Palembang, Jakarta. Semua informasi tentang pendaftaran bisa diakses langsung memalui play.fiba3x3.com, Instagram @mainbasket dan mainbasket.com.

Foto: DBL Indonesia

Komentar