IBL

Los Angeles Lakers mengubah wajah mereka besar-besaran demi menyambut NBA 2019-2020. Selain pemain, mereka juga merombak jajaran pelatih dengan orang-orang baru. Mereka bahkan berpisah dengan pencari bakat Ryan West yang sudah satu dekade berada di sana.

West bergabung dengan Lakers untuk pertama kali pada 2009. Sejak itu, ia membantu tim asal Los Angeles tersebut untuk mencari bakat-bakat muda. Salah duanya adalah Jordan Clarkson (2014) dan D’Angelo Russell 2015.

Meski tidak lagi bersama Lakers, kedua pemain di atas kini memiliki karier sendiri. Clarkson merupakan penggawa Cleveland Cavaliers. Sementara Russell baru saja melewati musim terbaiknya bersama Brooklyn Nets. Pada 2019-2020, ia akan melanjutkan kariernya di tempat baru karena Golden State Warriors meminangnya.

Selama bekerja dengan Lakers, West pada umumnya selalu berurusan dengan talenta-talenta masa depan. Ia mencari pemain-pemain berbakat agar Lakers bisa menggunakan hak pilihnya dengan tepat. Namun, belakangan ini ia tidak sempat berurusan dengan hak pilih akibat pertukaran Anthony Davis. Sebab, pertukaran itu tidak hanya melibatkan pemain, tetapi juga hak pilih.

Sejauh ini, perpisahan West belum diketahui penyebabnya. Namun, para pandit yakin sang pencari bakat tidak akan kesulitan mendapat pekerjaan setelah keluar dari Lakers. Apalagi—sebagai seorang anak legenda NBA Jerry West—ia telah belajar banyak dari ayahnya.

West sendiri belum menentukan arah masa depannya. Ia bahkan tidak memperlihatkan ketertarikannya untuk bergabung dengan Los Angeles Clippers—tempat ayahnya kini menjabat sebagai penasehat. Dengan kemampuannya, West disebut-sebut akan cocok berada di tim yang tengah membangun ulang skuatnya. Sebab, di sanalah tugas pencari bakat sangat krusial.

Sementara itu, Lakers juga belum menemukan pengganti West. Mereka masih akan sibuk dengan urusan membentuk skuat calon juara. Lakers punya LeBron James yang kini diperkuat beberapa pemain bintang. Salah satunya Davis yang didapat dari Pelicans tadi. Lakers dan West akan sibuk dengan urusannya masing-masing. (put)

Foto: NBA

Komentar