IBL

Josh Okogie sempat mengungkapkan ingin membela Nigeria di Piala Dunia 2019. Kesempatan itu kemudian terwujud di musim panas ini. Okogie mengumumkan lewat Twitternya bahwa ia akan membela tim nasional Nigeria di Cina pada September mendatang.

“Dengan bangga saya ingin mengumumkan bahwa saya akan mewakili negara saya, Nigeria, di Piala Dunia tahun ini di Cina!” kata Okogie menyerukan keputusannya.

Okogie, 20 tahun, memang lahir di Nigeria. Namun, ia menghabiskan waktunya di Amerika Serikat untuk kuliah di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Okogie sempat mengenyam bangku kuliah di Georgia Institute of Technology selama dua tahun. Sampai akhirnya ia mengikuti NBA Draft pada 2018 lalu.

Minnesota Timberwolves memilihnya di urutan ke-20 saat itu. Ia lalu memulai debutnya pada musim 2018-2019. Dalam perjalanannya, Okogie berhasil meretas ke barisan lima utama. Sebab, tim asal Minneapolis tersebut menukar Jimmy Butler. Okogie didorong untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Butler.

Pemain berkebangsaan Nigeria itu tampil dalam 74 pertandingan musim reguler. Ia berada di barisan utama sebanyak 52 kali. Okogie mencetak rata-rata 7,7 poin, 2,9 rebound, 1,2 asis, dan 1,2 steal. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 38,6 persen, dengan efektivitas 44,5 persen dan true shooting percentage 49,2 persen.

Kendati demikian, Okogie belum bisa membantu Timberwolves menembus playoff. Mereka terdampar di peringkat 11 di Wilayah Barat. Timberwolves lebih sering kalah (46 kali) daripada menang  (36).

Keputusan Okogie untuk membela Nigeria sendiri sebenarnya melawan arus tren pemain NBA belakangan ini. Ketika para pemain NBA memutuskan mundur dari tim nasional masing-masing, Okogie justru bersemangat untuk bela negara. Ia tidak ingin melewatkan kesempatan tampil di kejuaraan internasional sebesar Piala Dunia. (put)

Foto: NBA 

Komentar