IBL

National Basketball Association (NBA) telah berkembang jauh sejak pertama kali dibuat. NBA bertransformasi dari “hanya” sebuah liga basket menjadi sebuah acara hiburan yang dinanti para penggemar setiap malamnya. Belum lagi mereka juga mengembangkan sayap sebagai sebuah organisasi yang berujung pada keuntungan untuk para pemodal. NBA lebih dari sebuah liga basket.

Sebagai sebuah komoditi ekonomi seperti ini, rasanya tim NBA juga butuh seorang duta di luar para pemain atau staf mereka. Hal ini sudah dilakukan beberapa tim NBA baik secara langsung ataupun tak langsung. Mereka menempatkan selebritas sebagai duta global mereka yang bertindak seolah sebagai “penggemar super.”

New York Knicks memiliki sutradara sekaligus produser Hollywood, Spike Lee. Los Angeles Lakers memiliki banyak duta semacam ini dalam diri aktor Jack Nicholson hingga penanyi rap Snoop Dog. Terbaru dan yang paling hangat diingatan, Toronto Raptors, memilki duta global dalam sosok seorang penyanyi rap, Drake.

Keberadaan Drake terutama dalam laga kandang Raptors seolah menjadi hiburan lain selain pertandingan itu sendiri. Ia tampak aktif meneriaki dan mendukung tim idolanya. Tak jarang ia juga melakukan beberapa “trash talk” dengan pemain lawan hingga wasit. Bahkan, ia pernah tertanggap kamera memberi pijatan kecil kepada Kepala Pelatih Raptors, Nick Nurse.

Melihat hal tersebut, aktor Hollywood lainnya, Jesse Eisenberg, mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadi duta global sebuah tim. Kebetulan pula, ia sudah cukup aktif sebagai penggemar Indiana Pacers. Ia beberapa kali tampak hadir dalam gim-gim kandang Pacers termasuk saat di playoff lalu.

“Saya tumbuh besar mencintai Pacers. Hal tersebut terjadi karena saat saya masih kecil, Pacers adalah tim yang bagus. Reggie Miller dan Rik Smits adalah dua pemain mereka kala itu dan saya baru saja berfoto dengan mereka tahun lalu. Lalu Dale Davis dan Antonio Davis juga ada di sana, tim ini benar-benar bagus,”ujar Jesse kepada Fansided.

“Saya sebenarnya tidak berasal dari Indiana, saya berasal dari Queens, New York. Namun, sekarang saya tinggal di Southern Indiana. Jadi, sekarang saya semakin sering melihat Pacers bertanding. Mereka adalah tim yang paling mudah untuk dicintai oleh saya,” lanjutnya.

“Cukup keren rasanya jika saya bisa menjadi duta tim seperti Drake dan berada di pinggir lapangan seperti dirinya. Saya akan senang jika Pacers benar-benar meminta saya melakukan hal itu. Saya juga yakin mereka akan lolos ke playoff. Musim lalu mereka di peringkat lima padahal Victor Oladipo cedera. Musim ini pasti akan berlangsung menarik,”tutupnya.

Jesse bisa dibilang salah satu aktor Hollywood yang sedang dalam rangkaian prestasi yang bagus beberapa tahun terkahir. Perannya menjadi pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dalam film “The Social Network” membawanya masuk dalam daftar nominasi aktor terbaik di beberapa penghargaan. Lalu ia juga tampil mengesankan sebagai pesulap di dua film “Now You See Me.” Perannya yang juga mengundang perhatian akhir-akhir ini adalah saat ia menjadi Lex Luthor, penjahat di “Batman vs Superman: Dawn of Justice.” (DRMK)

Foto:Tablet Magazine, complex

 

Komentar