IBL

Sacramento Kings tidak hanya merekrut pemain di masa bebas 2019 ini. Namun, juga pelatih baru. Kings bahkan merekrut bekas bintang WNBA, Lindsey Harding, untuk melengkapi jajaran pelatih yang kini dipimpin Luke Walton.

Lindsey direkrut untuk menjadi asisten pelatih sekaligus pengembang pemain. Ia nantinya tidak bertugas sendirian karena ada dua asisten lain yang membantunya. Mereka adalah Stacey Augmon dan Rico Hines. Augmon kebetulan adalah bekas pemain NBA.

Sebelum merapat ke Sacramento, Harding sempat betugas sebagai pencari bakat dan pengembang pemain Philadelphia 76ers. Saat itu ia bahkan menjadi pionir pencari bakat berkulit hitam pertama di NBA. Harding juga merupakan salah satu dari lima pelatih perempuan di liga tersohor sedunia itu.

Sementara itu, Kings berpengalaman dalam memakai jasa perempuan sebagai pelatih. Mereka sempat merekrut Nancy Lieberman dan Jenny Boucek. Boucek kini berada di Dallas untuk menjadi asisten pelatih Mavericks.     

Harding sendiri dulunya adalah pemain profesional. Ia melanglang buana di WNBA juga Eropa sejak 2007. Setelah pensiun, barulah ia terjun ke kepelatihan. Kiprah pertamanya dimulai di Philadelphia tadi.

Kini, dengan peran baru di Sacramento, Harding akan membantu Walton untuk mengembangkan pemain Kings. Apalagi mereka memiliki banyak pemain muda. Beberapa di antaranya sedang berkembang. Garda De’Aaron Fox, misalnya, masuk nominasi Most Improved Player of the Year pada 2018-2019. Harding akan menanganinya untuk lebih berkembang lagi musim depan. (put)

Foto: NBA

Komentar