IBL

Kelly Oubre Jr. akhirnya memutuskan masa depannya. Ia akan kembali ke Phoenix untuk membela Suns. Keputusan itu ia buat setelah hampir dua minggu tiada kabar di masa bebas. Ia menjadi pemain bebas terbatas (restricted free agent) sampai akhirnya Suns menyodorkan kontrak.

Menurut Adrian Wojnarowski, ESPN, Oubre Jr. sepakat kembali ke Phoenix dengan kontrak dua tahun. Nilainya mencapai AS$30 juta. Nima Namakian, agen dari BDA Sports, mengonfirmasi hal itu kepada media.

Dengan kontrak itu, forwarda berusia 25 tahun tersebut mengamankan urusan keuangannya. Ia juga baru akan menjadi pemain bebas pada 2021. Saat itu tiba, statusnya berubah menjadi pemain bebas tidak terbatas (unrestricted free agent).

Oubre Jr. sendiri telah membela Suns selama setengah musim. Ia tampil dalam 40 pertandingan dengan 12 kali kesempatan menjadi starter. Ia mencetak 16,9 poin, 4,9 rebound, 1,6 asis, 1,4 steal, dan 1 blok per pertandingan. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 45,3 persen, dengan efektivitas 51,5 persen dan true shooting percentage 55,5 persen.

Sebelum membela Suns, Oubre Jr. memulai kariernya bersama Washington Wizards. Ia membela mereka selama tiga setengah musim. Oubre Jr. tumbuh menjadi pelapis yang sarat kontribusi, meski Wizards selalu gagal menembus final NBA. Mereka bahkan belum mampu sampai ke Final Wilayah lagi sejak 1979.

Wizards lalu menukarnya pada pertengahan 2018-2019 demi mendapatkan Trevor Ariza dan Austin Rivers. Mereka berusaha mengubah formasi skuatnya untuk memperbaiki nasib. Namun, Wizards lagi-lagi gagal. Mereka bahkan tidak mampu menembus playoff pada musim itu.

Sementara itu, Oubre Jr. semakin baik di Suns. Perolehan rata-ratanya meningkat. Sayangnya, Suns bukanlah tim papan atas. Mereka terdampar di bagian bawah Wilayah Barat sejak 2010.

Suns pun berusaha untuk meniti asa. Mereka melakukan pergerakan di masa bebas ini. Salah satunya dengan membuat Oubre Jr. tetap di Phoenix. Sebelum ini, mereka juga merekrut beberapa pemain, termasuk garda utama veteran Ricky Rubio. Suns akhirnya mendapatkan seorang garda utama setelah mencari pemain berposisi itu sejak lama.

Kendati demikian, kans tim asal Arizona untuk bersaing di Wilayah Barat tidaklah tinggi. Sebab, tim-tim di wilayah itu semakin kuat. Los Angeles Lakers dan Clippers saja belakangan mampu membangun tim berpotensi juara. Lakers memboyong Anthony Davis, sementara Clippers punya Kawhi Leonard sekaligus Pual George sekarang. Suns pun mesti lebih kuat dari mereka seandainya ingin menembus playoff. (put)

Foto: NBA

Komentar