IBL

Los Angeles Lakers mesti kehilangan Kawhi Leonard. Sebab, pemain terbaik Final NBA 2019 itu memutuskan merapat ke Los Angeles Clippers. Namun, Lakers rupanya tidak kehilangan langkah. Mereka merekrut beberapa pemain untuk membantu tim mengejar gelar juara pada 2019-2020. Salah satunya dengan mempertahankan garda veteran Rajon Rondo.

Adrian Wojnarowski dan Ramona Shelbourne, ESPN, mengungkapkan bahwa Rondo sepakat untuk bertahan di Los Angeles. Ia akan menandatangani kontrak minimum veteran selama dua tahun sebesar AS$2,6 juta. Rondo akan memegang kendali kelanjutan kariernya di tahun kedua dengan opsi pemain.

Garda utama berusia 33 tahun sudah membela Lakers sejak 2018-2019. Ia bergabung bersama LeBron James di musim panas tahun lalu. Rondo kemudian tampil sebanyak 46 kali. Ia mencetak 9,2 poin, 5,3 rebound, 8 asis, dan 1,2 steal per pertandingan. Sayangnya, ia mengalami cedera dan harus menjalani hukuman setelah berkelahi dengan Chris Paul (Houston Rockets), sehingga absen dalam 36 pertandingan.

Lakers juga terpaksa mengakhiri perjalanan mereka lebih cepat pada 2018-2019. Mereka gagal menembus playoff karena hanya mencetak 37 kemenangan dari total 82 pertandingan. Rondo pun berpisah di akhir musim karena Lakers tidak langsung menawarinya kontrak baru.

Setelah sekian lama, pada akhirnya, tim asal Los Angeles itu memutuskan untuk mempertahanakan Rondo. Mereka membutuhkan pemain berpengalaman untuk mengisi skuatnya yang kosong. Sebab, sejak melakukan pertukaran demi mendapatkan Anthony Davis dari New Orleans Pelicans, mereka kehilangan banyak pemain, termasuk hak pilih nomor empat pada NBA Draft 2019.

Saat NBA belum membuka masa bebas, Lakers bahkan hanya memiliki tiga pemain di bawah kontrak. Mereka adalah Davis, LeBron James, dan Kyle Kuzma. Oleh karena itu, pergerakan Lakers di masa bebas akan sangat penting demi keberlangsungan hajat mereka.

Sejauh ini, tim asuhan Kepala Pelatih Frank Vogel itu sudah merekrut setidaknya enam pemain, termasuk Rondo. Mereka juga mendapatkan DeMarcus Cousins yang bersedia merapat dengan kontrak satu tahun. Rondo akan membantu James memimpin Cousins dkk. untuk mengejar gelar juara. (put)

Foto: NBA

Komentar