IBL

Nama Monta Ellis dan Amar’e Stoudemire sudah lama menghilang dari kancah bola basket NBA. Keduanya pensiun karena kariernya meredup seiring berjalannya waktu. Namun, mereka rupanya berniat kembali ke NBA belakangan ini.

Menurut laporan Jordan Schultz, ESPN, Ellis dan Stoudemire bahkan berencana untuk berlatih dengan beberapa tim di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 8 Juli 2019 waktu setempat. Keduanya akan berlatih dari pukul 6—7 malam. Mereka tampak sehat dan berharap bisa benar-benar kembali ke NBA.

Schultz juga menyebutkan bahwa Ellis dan Stoudemire mengincar tim berpotensi juara, termasuk Lakers. Apalagi tim asal Los Angeles itu sedang kekurangan pemain sejak melakukan pertukaran dengan New Orleans Pelicans. Mereka membutuhkan pemain-pemain dengan kontrak minimal untuk mengisi slot di skuatnya.

Kendati begitu, sejauh ini, Lakers belum menunjukkan ketertarikan apa pun pada pemain yang sempat pensiun. Ellis dan Stoudemire hanya bisa berusaha. Latihan bersama di Las Vegas nanti boleh jadi membuka tabir yang selama ini hendak mereka ketahui.

Kedua pemain itu memang sudah lama tidak berada di NBA. Ellis, misalnya, hilang sejak 2017. Ia terakhir kali bermain untuk Indiana Pacers.

Ellis sebenarnya merupakan pemain bintang. Ia sempat menjadi andalan Golden State Warriors era 2005-an. Ellis bahkan sempat meraih gelar Most Improved Player of the Year pada 2007. Itu merupakan tahun kedua di NBA.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu juga cukup produktif. Ia mencetak setidaknya 18 poin per pertandingan sejak 2007-2015. Namun, tidak pernah sekalipun terpilih sebagai pemain All-Star.  

Stoudemire, di sisi lain, terkenal sebagai pemain yang menjanjikan. Ia menyabet gelar Rookie of the Year ketika membela Phoenix Suns pada 2003. Ia bahkan berhasil membantu tim asal Arizona itu menjadi tim mengerikan di Wilayah Barat. Namun, selalu gagal menembus Final NBA karena terantuk di Final Wilayah.

Sialnya, karier Stoudemire meredup ketika ia pindah ke New York Knicks. Ia mengalami cedera lutut yang membuat performanya menurun. Sejak itu, Stoudemire pun tidak lagi menjadi pilihan utama. Ia seringkali tampil dari bangku cadangan, lalu berpindah tim ke Dallas Mavericks dan Miami Heat, sampai akhirnya memutuskan pensiun.

Meski pensiun dari NBA, Stoudemire tidak benar-benar berhenti dari bola basket. Sebab, setelah keluar dari liga tersohor sedunia itu, ia berkarier di Israeli Basketball Premier League bersama Hapoel Jerusalem. Ia bahkan berhasil mengantarkan timnya menjuarai Israeli Basketball League Cup dan Israeli League Championship.

Selain itu, Stoudemire juga sempat bermain bersama Tri-State sebagai wakil kapten. Mereka berlaga di kompetisi BIG3. Itu merupakan kompetisi 3x3 yang digagas musisi hip hop dan aktor Ice Cube.

Stoudemire kemudian mengumumkan ketertarikannya untuk kembali ke NBA pada 2018 lalu. Namun, belum ada tim yang mau merekrutnya. Ia pun kembali ke Israel untuk membela Jerusalem.

Kini, kesempatan itu datang lagi. Baik Ellis dan Stoudemire berusaha menyiapkan diri. Mereka akan mencoba menarik perhatian tim-tim di Las Vegas. Latihan bersama itu sangat menentukan masa depan mereka. (put)

Foto: NBA

Komentar