IBL

Kawhi Leonard terus menegaskan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di NBA. Ia mencetak satu rekor lagi di Playoff 2019. Leonard menjadi pemain dengan setidaknya 700 poin dan 200 rebound di pertandingan pascamusim reguler.

Dalam sejarah NBA, hanya ada empat pemain yang pernah mencetak rekor itu. Selain Leonard, ada nama legendaris seperti Hakeem Olajuwon, Shaquille O’Neal, dan megabintang Los Angeles Lakers LeBron James. Itu merupakan pencapaian luar biasa, sebab tidak banyak yang bisa melakukannya.

Leonard mencetak rata-rata 30,9 poin, 9,2 rebound, dan 4 asis selama playoff musim ini. Ia bisa berada di lapangan selama 39 menit per pertandingan dengan akurasi tembakan 49,2 persen, tripoin 38,6 persen, dan tembakan gratis 88,5 persen. Efektivitas tembakannya (eFG%) mencapai 54,8 persen.

Selama final melawan Golden State Warriors, Leonard berhasil mengantarkan timnya menang 3-2. Mereka membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menjadi juara. Namun, Warriors menolak menyerah di pertandingan kelima, sehingga final itu berlanjut ke pertandingan keenam.

Leonard mencetak setidaknya 29,8 poin, 10,6 rebound, dan 4,4 asis per pertandingan di Final NBA 2019. Ia sempat mencetak 30+ poin dalam tiga pertandingan beruntun (2-4). Leonard menetak 26 poin, 12 rebound, 6 asis, 2 steal, dan 2 blok ketika timnya kalah di pertandingan kelima.

Kendati mengalami kekalahaan, Leonard tampil luar biasa. Ia mencetak 10 poin beruntun sehingga Raptors unggul 6 poin dalam 3 menit terakhir. Tim asal Toronto itu punya kesempatan untuk memenangkan pertandingan, tetapi Warriors bangkit dengan sembilan poin beruntun. Tripoin Stephen Curry dan Klay Thompson menyelamatkan mereka. Warriors menang tipis 106-105.

Dengan hasil itu, Leonard terpaksa harus berjuang sekali lagi untuk merebut kemenangan dari Warriors. Pertandingan keenam akan berlangsung di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat,  Kamis 13 Juni 2019 waktu setempat. Leonard dkk. hanya berjarak satu kemenangan untuk menjadi juara. (put)

Foto: NBA

Komentar