IBL

Klay Thompson dan Andre Iguodala menjadi momok bagi forwarda Toronto Raptors, Kawhi Leonard. Dua pemain Golden State Warriors itu menjadi dua penyetop terbaik Leonard di NBA. Mereka telah membuktikannya pada 2018-2019 ini.

Thompson dan Iguodala tidak hanya sering membuat Leonard sulit melepas tembakan. Mereka bahkan berhasil menekannya sehingga terpaksa mengoper. Laporan Kirk Goldsberry, ESPN, mengungkap semuanya.

Dalam sebuah gambar grafik, Goldsberry menjelaskan alasan Thompson dan Iguodala menjadi penyetop terbaik Leonard. Dua pemain Warriors itu berada di peringkat atas karena berhasil meminimalisasi poin Leonard. Thompson dan Iguodala membuatnya mencetak kurang dari 20 poin per 100 penguasaan (possession) pada 2018-2019 ini.

Setelah Thompson dan Iguodala, ada pula nama-nama seperti Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks), Miles Bridges (Charlotte Hornets), Kyle Anderson (Memphis Grizzlies), Wesley Matthews (Indiana Pacers), dan Jonathan Isaac (Orlando Magic). Namun, mereka hanya meminimalisasi poin Leonard 20-30 poin per 100 penguasaan.

Thompson dan Iguodala tentu spesial. Mereka menjadi salah dua penyetop Leonard. Tidak ada yang menyamai mereka dalam hal itu. Thompson bahkan menjadi pemain bertahan terbaik pada 2018-2019. Ia masuk ke jajaran NBA All-Defensive Second Team.

Sementara itu, Iguodala sudah lama terkenal dengan kemampuan bertahannya. Ia pernah masuk ke jajaran NBA All-Defensive First Team (2014) dan Second Team (2017). Iguodala bahkan berperan besar dalam menjaga LeBron James kala Warriors bersua Cleveland Cavaliers di final pada 2015-2018.

Dengan kemampuan bertahannya, Warriors pun mengandalkan Thompson dan Iguodala untuk menyetop Leonard di sisa seri final 2019. Sayangnya, Thompson tengah mengalami cedera hamstring dan Iguodala baru pulih dari cedera kaki. Mereka akan kesulitan memaksimalkan kemampuannya di final musim ini.

Dalam dua pertandingan, Warriors dan Raptors berbagi poin. Mereka imbang 1-1. Warriors akan menjamu Raptors di pertandingan ketiga. Pertandingan berlangsung di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Rabu 5 Juni 2019 waktu setempat. Thompson dan Iguodala punya waktu dua hari untuk memulihkan diri. (GNP)

Foto: NBA

Komentar