IBL

Final NBA 2019 yang mempertemukan antara juara Wilayah Barat, Golden State Warriors dan juara Wilayah Timur, Toronto Raptors, hanya menunggu hitungan hari. Maksimal akan ada tujuh gim yang digelar dalam duel ini.

Raptors yang menutup musim reguler di peringkat dua keseluruhan NBA, satu tingkat di atas Warriors, mendapatkan keuntungan laga kandang. Oleh karena itu, dua gim perdana akan digelar di kandang Raptors, begitu pula gim kelima dan ketujuh jika diperlukan.

Ini akan menjadi final kelima Warriors secara beruntun dengan catatan tiga kali juara dari empat kesempatan sebelumnya. Warriors telah berkembang menjadi dinasti baru dengan permainan yang cukup menghibur sejak 2014 -2015 lalu.

Sementara bagi Raptors, ini adalah perjalanan ke final perdana mereka sejak tim ini pertama kali dibentuk 24 tahun lalu. Di sisi lain, Raptors juga mencatatkan sejarah sebagai tim pertama asal Kanada atau luar Amerika Serikat yang mampu masuk partai final.

Perjalanan keduanya masuk ke partai final cukup berbeda. Di dua putaran pertama yang dilalui Warriors, tim asuhan Steve Kerr ini harus bermain hingga enam laga. Sebaliknya, di putaran ketiga, atau final Wilayah Barat, mereka justru menyapu bersih Portland Trail Blazers dalam empat gim.

Raptors sempat dikejutkan oleh Orlando Magic di gim perdana putaran pertama. Tetapi, mereka berhasil bangkit dan menutup seri dalam lima gim. Putaran kedua berlangsung cukup berat usai duel mereka melawan Philadelphia 76ers harus berlangsung hingga gim ketujuh. Di final Wilayah Timur, Raptors sempat tertinggal (2-0) di dua gim perdana. Namun, tim asuhan Nick Nurse bangkit dan menyapu bersih empat gim selanjutnya.(DRMK)

Berikut jadwal lengkap pertandingan Final NBA 2019 dalam waktu Indonesia.

Keterangan: (*) Jika perlu. 

Foto: NBA

 

 

Komentar