IBL

Los Angeles Lakers berpisah dengan Kepala Pelatih Luke Walton setelah mereka gagal menembus playoff 2018-2019. Belakangan Lakers mencari penggantinya dengan beberapa kandidat. Salah satunya Tyronn Lue.

Lakers rupanya semakin dekat dengan Lue. Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, tim asal Los Angeles itu berencana untuk merekrut Lue. Namun, mereka belum juga mengajukan tawaran resmi.

Lue sendiri memang menganggur sejak terakhir kali menangani Cleveland Cavaliers pada 2018. Ia sempat bekerja sama dengan LeBron James di Ohio selama empat musim. Dua musim sebagai kepala pelatih, setengah musim sebagai kepala pelatih sementara, dan satu setengah musim sebagai asisten pelatih.

Lue dan James berhasil merengkuh gelar juara NBA pada 2016. Mereka mengalahkan Golden State Warriors di final.

Jika Lue benar akan menjadi kepala pelatih Lakers, itu artinya ia akan reuni dengan James. Ia bahkan tidak hanya sudah mengenal pemain bintangnya, tetapi juga mengenal kultur Lakers. Lue bermain bersama Lakers pada 1998-2001. Ia meraih gelar juara dua kali beruntun (2000-2001).

Setelah pensiun, Lue juga sempat mengambil bagian di jajaran pelatih Lakers pada 2013-2014. Saat itu ia menjadi asisten pelatih Mike D’Antoni.

Pada April lalu, Lue telah bertemu dengan Manajer Umum Rob Pelinka untuk membicarakan kosongnya posisi kepala pelatih Lakers. Mereka berbicara selama sekiranya 90 menit. Namun, saat itu Lakers juga punya kandidat lain.

Asisten Pelatih Philadelphia 76ers Monty Williams menjadi kandidat lain tersebut.

Williams belakangan diketahui mengambil tawaran Phoenix Suns. Suns menawarkannya posisi kepala pelatih juga. Maka, Lakers kini hanya punya Lue dalam daftar prospek mereka. Manajemen kabarnya tidak berencana untuk mencari kandidat lain. (GNP)

Foto: NBA

Komentar