Basket di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berkembang sangat baik. Tahun ini berbagai prestasi basket ditorehkan daerah tersebut. Tim basket Kalbar tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) IX/2016 di Jawa Barat. Lalu ada wakil Kalbar di Kompetisi Basket Putri Indonesia 2017, yaitu Tenaga Baru Pontianak. Terakhir, Rivaldo Tandra Pangesthio adalah atlet asli Kalbar yang kini menjadi bintang basket Indonesia.
Sadar akan prestasi yang sangat bagus di basket, sebuah yayasan pendidikan di Kalbar menggelar turnamen Seni dan Olahraga (SEOL). SEOL sejatinya sudah dimulai pada tahun 2011. Tetapi pada 2016 lalu, SEOL dikemas lebih baik dan lebih meriah lagi. Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah basket 3x3.
Tahun ini, SEOL sudah digelar di delapan kabupaten/kota se Kalimantan Barat. Ada empat kategori basket 3x3 yang ditandingkan yaitu putra, putri, perusahaan (khusus regional Pontianak) dan kontes menembak tiga angka. Sedangkan kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Kabupaten Sanggau (25-26 Maret), Kuburaya (15-16 April), Sintang (7-8 April), Ketapang (22-23 April), Melawi (29-30 April), Landak (6-7 Mei), Singbebas atau gabungan Singkawang, Bengkayang, Sambas (11-12 Mei, dan terakhir di Pontianak (17-18 Mei).
Babak final digelar pada 19-20 Mei 2017 di Lapangan YPSB Pontianak. Pesertanya adalah tim juara dari tujuh kabupaten/kota ditambah dengan empat besar dari penyelenggaraan di Pontianak. Artinya masing-masing kategori (putra dan putri) berisi 11 tim. Namun ada beberapa tim yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Akhirnya, kategori putra diikuti sembilan tim dan untuk putri jumlah pesertanya menjadi 10 tim.
Hadiah tahun ini cukup menarik. Tim juara akan berangkat study tour ke Kuching, Sarawak, Malaysia. Tak hanya itu, pemain-pemain terbaik dari tim yang tampil di babak final juga punya kesempatan yang sama. Selain itu untuk semakin memeriahkan acara, pemain terbaik akan tampil di SEOL 3x3 All-Star. Untuk kontes menembak tiga angka (3-Point Shout-out Contest), disediakan hadiah serupa. Mereka yang bisa menjadi juara berhak ikut ke Kuching.
SEOL 3x3 Competition mulai tahun ini resmi bekerjasama dengan 3x3 Indonesia. Sebab mereka ingin semua peserta terdaftar di 3x3planet.com sebagai wadah para pemain 3x3 dari seluruh dunia. Diharapkan dengan terselenggaranya kompetisi ini akan muncul pebasket khususnya 3x3 yang bisa mengharumkan Kalbar khususnya dan Indonesia pada umumnya. Panitia bertekad ingin mencetak pemain seperti Rivaldo yang saat ini jadi pemain 3x3 nomor satu di Indonesia.
Foto: dokumentasi SEOL 2017

Komentar