IBL

Barcelona akan selalu jadi bagian penting dari Pau Gasol. Ia mengawali karirnya di tim basket Ibukota Provinsi Catalan itu sebelum menjajal kerasnya dunia NBA. Beberapa waktu lalu, penggawa Milwaukee Bucks bertemu Presiden Barcelona Joseph Maria Bartomeu di Miami untuk menandatangani kontrak kerja sama.

Gasol didapuk menjadi Penasehat Strategis sekaligus duta bagi tim sepak bola yang dihuni Lionel Messi dkk. Ia bertanggung jawab untuk mempopulerkannya ke masyarakat Amerika Serikat melalui kiprahnya di NBA. Kakak Marc Gasol itu akan menjalaninya dengan durasi dua tahun dengan klausul perpanjangan kontrak apabila rencana ini sesuai dengan harapan.

Sepak bola memang tidak sepopuler basket di Negeri Paman Sam. Meski begitu, FC Barcelona tetap ingin mencoba menyasar ke pasar area tersebut. Pau Gasol dianggap sebagai sosok tepat sebagai “wajah” untuk rencana besar itu. Pengalamannya tinggal dan berkarir di Amerika Serikat jadi dasar kuat. Pria 38 tahun itu bahkan sudah dianggap sebagai pahlawan untuk basket Negeri Matador atas 18 tahun karirnya di NBA. Laman daring FC Barcelona menyebutnya sebagai pebasket terhebat Spanyol sepanjang masa.

Visi bisnis ini juga dibarengi kegiatan sosial. Bartomeu mencanangkan untuk mendirikan Barca and Gasol Foundations untuk membantu anak-anak yang membutuhkan bantuan.

Pau Gasol (kiri) dan Josep Maria Bartomeu saat proses penandatanganan kontrak.

FC Barcelona punya kantor pemasaran di New York dengan Xavier O’Callaghan sebagai ketua. Di sanalah kantor Gasol untuk menangani segala pekerjaan baru yang ia emban. Program promosi tim periode 2015-2021 di Amerika Serikat akan jadi fokusnya. Dengan pergaulannya yang luas, ia diharapkan bisa menghadirkan peningkatan di ranah promosi juga mengharapkan kehadiran investor dari kalangan pebisnis.

“Saya bangga menyambut kembali Pau Gasol ke Barcelona meski kini ia akan berkontribusi di luar lapangan. Kami ingin lebih dikenal dan meraih lebih banyak atensi di Amerika Serikat. Tidak ada lagi figur yang tepat selain Gasol untuk hal ini,” tutur Bartomeu.

Sementara Sang pemain mendaku sangat bersemangat bisa berkontribusi lagi bagi tim yang membesarkan namanya. “Senang rasanya bisa kembali terkoneksi dengan Barcelona. Tugas baru ini menantang saya untuk berinovasi. Dan saya terlecut untuk melakukannya. Masih bermain untuk tim bukan sebagai halangan untuk berkontribusi lewat kerja sama ini. Barcelona punya visi yang mewakili saya sebagai pemain dan masyarakat Spanyol. Jadi, mengapa tidak?” kata Gasol.

Pau Gasol Saez menapaki karir basketnya di FC Barcelona Basketball Junior ketika ia masih berusia 16 tahun. Selang dua tahun ia diangkat masuk jajaran tim senior. Pada 2001, ia berhasil membawa timnya menjuarai Piala Nasional Spanyol dan meraih gelar MVP. Torehan itu ia jadikan modal berharga untuk hijrah ke ranah NBA. Gasol masuk dalam urutan tiga Drarft NBA tahun 2001 oleh Atlanta Hawks sebelum kemudian ditukar ke Memphis Grizzlies.

Foto: Jonathan Scott untuk FC Barcelona

Komentar