IBL

Berita kurang sedap menghampiri pemuncak klasemen ASEAN Basketball League (ABL) 2018-2019, San Miguel Alab Pilipinas. Salah satu pemain penting mereka, Lawrence Domingo, baru saja mengabarkan melalui akun instagram pribadinya bahwa ia akan absen lantaran cedera. Cedera ini sendiri ia dapati dalam laga terakhir Alab berhadapan dengan Macau Black Bears.

ā€œSaya baru saja bertemu dengan dokter dan ternyata saya harus menyampaikan kabar buruk ini. Saya harus menepi selama 4-6 minggu ke depan karena ada sedikit roberk di MCL saya,ā€ tulis pemain yang akrab disapa Lo ini dalam keterangan fotonya.

ā€œTetapi ini bukan masalah besar, saya tahu saudara-saudara saya dapat mengatasi hal-hal di lapangan dan saya juga percaya kepada tim pelatih yang membantu saya untuk pemulihan. Saya percaya semua hal terjadi karena alasan, dan saya terus percaya hal tersebut setelah hal ini,ā€imbuhnya.

Kami berusaha menghubungi Lo sesaat setelah ia mengunggah foto tersebut. ā€œSaya tidak melakukan operasi, saya hanya butuh melakukan rehabilitasi dan terapi penyembuhan,ā€ jawabnya kala kami bertanya tindakan apa yang akan dilakukannya dalam kurun waktu tersebut.

MCL yang dimaksud oleh Lo adalah Median Collateral Ligament. Dilansir HealthLinkBCĀ  MCL adalah sebuah jaringan tisu yang terletak di area lutut. Gunanya untuk menghubungkan tulang paha dengan tulang di area kaki bawah. MCL bertugas untuk membantu lutut menekuk ke depan.

Sepanjang musim ini, Lo hanya absen satu kali dari total 23 gim yang dimainkan oleh Alab. Dengan rata-rata bermain lebih dari 19 menit per gim, pemain berusia 25 tahun ini mampu membukukan 7,4 poin, 4,9 rebound, dan 1,1 asis dengan akurasi mencapai 56 persen.

Memasuki musim ketiganya bersama Alab, Lo memang tak lagi mengisi posisi utama (starter) seperti di musim pertamanya. Pun begitu, pemain ini tetap menjadi andalan kala tim membutuhkan pemain bertahan dan kesulitan untuk merebut rebound. Ia juga menjadi bagian penting dalam rotasi tim asuhan Jimmy Alapag ini saat menjadi juara musim lalu.

Sebelum Lo, satu bintang ABL lainnya juga dipastikan absen dalam waktu yang serupa. Pada 4 Maret 2019, melalui pengumuman resmi ABL, Macau Black Bears dipastikan kehilangan bintang utama mereka sekaligus MVP asing musim lalu, Anthony Tucker. Tucker harus absen dalam perkiraan waktu yang sama dengan Lo lantaran patah pada kakinya. Bedanya, Tucker naik ke meja operasi. (DRMK)

Foto: ASEAN Basketball League

Ā 

Komentar