IBL

Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi Jawa Timur memanggil 43 nama pemain untuk mengikuti seleksi Pra-PON XX 2020 di Papua. Mereka mengirim surat resmi sejak Februari lalu untuk meminta para pemain mengikuti seleksi hari ini, Sabtu 9 Maret 2019, di CLS Dharmahusada, Surabaya. Seleksi itu akan berlangsung setiap minggunya sampai Pra-Pon nanti.

Pengprov Perbasi Jawa Timur sebenarnya sudah lama memantau para pemain terpanggil. Menurut manajer tim basket PON Jawa Timur, Yusri Rijalul Fikry, Perbasi memantau pemainnya melalui kompetisi.

“Dasarnya, pemanggilan itu memang kami pantau dari berbagai kompetisi, baik antar-SMA maupun antaruniversitas, dan dari tim-tim kejurnas yang Jatim ikuti sebagai proyeksi tim PON Jatim,” kata Yusri.

Perbasi Jawa Timur telah memantau para pemainnya sejak setahun belakangan. Mereka terus melihat dan menilai perkembangan pemainnya di berbagai kompetisi tadi. Yusri dkk. bahkan akan terus memantau sampai mendekati pelaksanaan PON.

“Tapi, tim putri Jatim harus main dulu di Pra-PON yang diadakan bulan Juni tahun ini,” kata Yusri.

Yusri berharap, seleksi hari ini hingga beberapa minggu ke depan akan membuatnya mendapatkan proyeksi pemain potensial. Sebab, tim basket Jawa Timur ingin mendapatkan pemain terbaik yang siap membela daerahnya. Mereka juga hendak menyabet medali emas dalam empat nomor cabang olahraga, yakni: 5x5 (putra-putri) dan 3x3 (putra-putri).

Pada gelaran PON sebelumnya, Jawa Timur gagal menyabet medali emas. Tim putra finis di peringkat dua (perak) sementara tim putri peringkat tiga (perunggu). Namun, Yusri melihat Jawa Timur tetap berpotensi untuk menyabet emas di gelaran berikutnya.

“Kalau untuk tim putra, potensinya ada untuk meraih medali emas walau secara hitung-hitungan tidak sebesar PON kemarin,” terang Yusri. “Yang agak besar emas ada di tim putri dan 3x3. Karena, secara materi bagus. Jadi, yang harus kerja keras tim putranya.”

Jika melihat nama pemain seleksi di tim 3x3, Jawa Timur memang punya potensi besar. Sebab, mereka memanggil pemain berpengalaman seperti Felix Tjandra dan Widyanta Putra Teja (Stapac Jakarta) untuk membela tim putra. Keduanya pernah bermain bersama untuk tim nasional Indonesia U-18 di FIBA 3x3 World Championship di Hungaria. Mereka juga tergabung dalam tim 3x3 SMA IPH Surabaya ketika menjuarai Loop 3x3 Competition National Championship 2014 yang dikelola DBL Indonesia.

Selain jebolan Loop 3x3 Competition, para pemain terpanggil juga merupakan jebolan kompetisi Honda DBL. Kebanyakan dari mereka setidaknya pernah mengikuti kompetisi walau tidak sempat masuk ke jajaran Honda DBL All-Star. Dari 43 nama, misalnya, hanya ada 8 pemain yang tidak mengikuti kompetisi antarpelajar itu.

Yusri mengatakan, adanya kompetisi seperti Honda DBL ini bagus untuk mendorong perkembangan basket Indonesia. Ia menilai, kompetisi itu tidak hanya berpengaruh besar di Jawa Timur, tetapi juga dalam skala nasional. Perbasi Jawa Timur bahkan bisa memantau pemain mudanya lewat sana. Sebab, Honda DBL rutin menggelar kompetisi setiap tahunnya.

Dengan adanya Honda DBL, para pemain Jawa Timur juga bisa terus mengasah kemampuannya. Yusri mengatakan, semakin banyak pertandingan, pemain juga ikut berkembang. Tidak heran jika Perbasi Jawa Timur terus memantau pemainnya lewat kompetisi sejak setahun belakangan. Entah dari kompetisi antar-SMA maupun antaruniversitas. Mereka melihat kiprah pemain dalam kompetisi—seperti Honda DBL—sebagai tolok ukur. (GNP)

Daftar Nama Pemain Putra 5x5:

Risqiano Andre

James Patrick

Ikram Fadhil

Gevan Audeka

Jean Harli

Arif Abdul Rahman

Very Kurniawan

William Rivaldi Kosasih

Jason Winata

Jefferson

Dio Tirta Saputra

Andreas Kristian Vieri

Aulia Nafigo

Agastya

Alvian Fabian

Marcell Bonfilio

Kenneth Anderson

Daftar Nama Pemain Putri 5x5:

Jovita Elizabeth

Cristine Aldora

Adelaide Calista

Faizatus Shoimah

Julienna Hartono

Fansiska Inge Halim

Elysia Kartika

Salsabila Oktavia

Devi Kartika Putri

Amelia Ryan Ayu

Merisa Pangestu

Lidya Maulida

Janan Salma

Iga Rochmah

Lintang Putri

Sherly Kurniawati

Erica Adyanto

Jennifer Lukito  

Daftar Nama Pemain Putra 3x3:

Widyanta Putra Tedja

Felix Tjandra

Padre Hosbach

Naja Nazzala

Daftar Nama Pemain Putri 3x3:

Cindy Eka Nugroho

Monica Kristantia Halim

Ursula Yesi Gusti Ayuputri

Komentar