IBL

Indonesian Basketball League (IBL) mulai mengumumkan para pemenang penghargaan. Mereka membukanya dengan mengumumkan peraih gelar pemain bertahan terbaik di IBL 2018-2019. IBL menganugerahkan gelar itu kepada senter asing Bogor Siliwangi, Michael Vigilance Jr., di jeda waktu pertandingan semifinal pertama di GMSB Kuningan, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019.

Saat itu, Vigilance Jr. tidak bisa menerima langsung penghargaannya. Ia sudah pulang ke Amerika Serikat karena Siliwangi tidak masuk playoff. Namun, manajemen Siliwangi menyempatkan hadir di gelanggang untuk menggantikannya.

Vigilance Jr. bermain sebanyak 17 kali bersama Siliwangi. Ia mencetak rata-rata 19,6 poin, 18,7 rebound, 1 asis, 2,1 steal, dan 1,8 blok per pertandingan. Vigilance Jr. pun memimpin perolehan rata-rata rebound di musim ini.

Setelah mengumumkan peraih gelar pemain bertahan terbaik, IBL mengumumkan peraih gelar pemain asing terbaik. Gelar itu jatuh pada Madarious Gibbs yang membela Satya Wacana Salatiga selama dua musim terakhir.

Musim ini, Gibbs tampil sebagai mesin poin yang beringas. Ia memimpin perolehan dengan mencetak rata-rata 29,6 poin per pertandingan. Itu berarti rata-rata poin Gibbs naik sekitar 2,1 poin dari musim lalu.

Sayangnya, seperti Vigilance Jr., Gibbs juga gagal membawa timnya menembus playoff. Akibatnya, ia harus pulang duluan ke Amerika Serikat, dan tidak bisa menerima penghargaan secara langsung. IBL menyerahkan penghargaan itu lewat manajemen Satya Wacana.

Setelah ini, IBL masih akan mengumumkan peraih penghargaan lainnya. Ada beberapa penghargaan yang memang belum diumumkan, di antaranya: pelatih terbaik, ruki terbaik, pemain cadangan terbaik, pemain paling meningkat, dan pemain terbaik. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar