IBL

Duel dua dati tiga tim yang sedang “panas” di NBA tersaji pada Minggu malam, 2 Maret 2019, waktu setempat. Utah Jazz yang sedang dalam laju tiga kemenangan beruntun menjamu Milwaukee Bucks yang tidak kalah di tujuh gim terakhir. Hasilnya, gim berlangsung ketat di tiga kuarter pertama. Bucks seolah akan memenangi pertandingan yang digelar di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, setelah di kuarter empat berhasil membuka jarak hingga 17 poin.

Sayangnya, Jazz justru semakin menjadi setelahnya. Dipimpin oleh Donovan Mitchell, Jazz mencetak 22 poin beruntun dan berbalas hanya lima dari Bucks. Di satu menit akhir pertandingan, Mitchell bahkan melesakkan tripoin penentuan yang membuat Jazz membalik keadaan dan memastikan kemenangan 115-11.

Mitchell sendiri secara keseluruhan berhasil mengemas 46 poin, 3 rebound, dan 6 asis selama 39 menit bermain. Catatan poin tersebut adalah yang tertinggi sepanjang karirnya. Catatan terbaik Mitchell sebelumnya adalah 41 poin kala berhadapan dengan New Orleans Pelicans, Desember 2017 lalu. Selain itu, ini adalah poin tertinggi dalam satu gim yang ditorehkan pemain Jazz sejak 2010 lalu. Kala itu, Paul Millsap juga mencetak 46 poin.

Selain Mitchell, hanya ada dua pemain Jazz yang memiliki angka dengan digit ganda. Derrick Favors mampu mencetak dobel-dobel dengan 23 poin dan 18 rebound sementara pelengkap daftar ini adalah Joe Ingles dnegan 14 poin plus 8 asis. Pun begitu, dari sembilan pemain Jazz yang bermain di gim ini, tidak ada satu pun yang menyumbang poin di bawah empat poin.

Bucks tampil tanpa diperkuat empat garda mereka. Eric Bledsoe, Malcolm Brogdon, George Hill, dan Sterling Brown seluruhnya absen lantaran cedera. Hal itu membuat Bucks bermain dengan deretan bigman mereka sebagai pemain utama (starter).

Giannis Antetokounmpo kembali menjadi tumpuan utama Bucks usai mengemas dobel-dobel, 43 poin, 13 rebound, dan 7 asis. Menariknya, statistik tersebut dibukukan Giannis hanya dalam 32 menit bermain. Khris Middleton menyusul dengan 29 poin, 8 rebound, dan 5 asis sementara Brook Lopez menambahkan 16 poin, 7 rebound, dan 7 blok.   Dua starter lainnya, Ersa Ilyasova dan Nikola Mirotic hanya mampu mengombinasikan delapan poin.

Hasil ini membawa Jazz memperpanjang tren positif mereka menjadi empat kemenangan beruntung. Sebaliknya bagi Bucks, hasil ini memutus tujuh kemenangan beruntun mereka. Secara posisi di klasemen sementara, hasil ini tak merubah apapu. Bucks masih kukuh di puncak Wilayah Timur dan NBA dengan 48 kali menang dan 15 kali kalah. Sementara Jazz masih di peringkat enam Wilayah Barat dengan 36 kali menang dan 26 kali kalah.

Untuk gim selanjutnya, Jazz masih akan bertahan di kandang mereka guna menanti kunjungan New Orleans Pelicans, lusa, waktu setempat. Sementara Bucks masih akan melanjutkan perjalanan dengan bertamu ke Phoenix Suns, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar