IBL

John Wall, garda Washington Wizards, benar-benar bernasib malang. Setelah terpaksa mengakhiri NBA 2018-2019 karena cedera, ia kini harus absen lebih lama lagi karena cedera lainnya. Wall dikabarkan mengalami cedera Achilles pada Selasa, 5 Februari 2019 waktu setempat.

Wiemi Douoguih, dokter tim Wizards, menjelaskan kepada reporter tentang kondisi Wall dewasa ini. Ia mengatakan, tim dokter menemukan cedera lain pada tubuh Wall ketika memeriksa cedera tumitnya pada Senin lalu. Wall ternyata melukai otot Achilles-nya karena terjatuh di rumahnya pada akhir Januari lalu. Otot Achillesnya putus sehingga garda utama andalan Wizards terpaksa harus naik ke meja operasi lagi.

Douoguih menyampaikan, operasi Wall belum sempat dijadwalkan hingga hari ini. Namun, mereka kemungkinan akan melakukannya minggu depan. Operasi serta pemulihan cedera itu akan memakan waktu 11-15 bulan. Itu artinya, Wall tidak akan tampil musim depan.

Sementara itu, Wizards akan rugi besar karena absennya Wall. Mereka tidak bisa memainkan garda utamanya yang mahal itu. Wizards merugi setidaknya dalam hal finansial. Sebab, meski absen, Wall mengantungi kontrak sebesar AS$19,2 juta sampai 2023. Ia akan mendapatkan AS$38,2 juta musim depan, AS$41,2 juta pada 2020-2021, AS$44,3 juta pada 2021-2023, dan AS47,3 juta pada 2022-2023. Sayangnya, ia harus absen sampai musim depan.

Meski operasinya berhasil sekalipun, tim dokter tidak bisa memastikan apa yang akan terjadi pada Wall ketika ia kembali. “Sayangnya,” kata Douoguih seperti dikutip ESPN, “kami tidak punya banyak data tentang garda utama NBA papan atas dengan riwayat cedera otot seperti ini.” Oleh karena itu, DeMarcus Cousins, senter Golden State Warriors yang pernah mengalami cedera serupa, pun memberikan sarannya untuk Wall.

Cousins menyampaikan, Wall harus bersiap dengan hari-hari yang berat. Sebab, ketika mengalami cedera Achilles, hari-hari berat akan datang bergantian.

“Dari semua itu, pastikan dirimu jadi lebih baik setiap hari. Dan sekali waktu semuanya berlalu, lanjutkan ke yang berikutnya, terlepas dari hasilnya. Itu saran saya. Seperti yang saya katakan, saya percaya dia akan mengatasinya,” ujar Cousins.

Cousins telah membuktikan dirinya bisa kembali ke lapangan pascacedera Achilles. Musim ini, ia sudah tampil sebanyak tujuh kali dengan rata-rata 14,4 poin, 7,3 rebound, dan 4 asis per pertandingan.

“Saya baik-baik saja,” kata Cousins lagi seperti dikutip Mercury News. “Saya masih berusaha untuk bermain sesuai yang saya inginkan. Saya sudah mulai nyaman di lapangan, tetapi saya masih bisa berkembang.”

Dengan dasar itu, Cousins pun percaya Wall bisa mengatasi masalahnya. Meski memakan waktu lama, Wall mesti bersiap untuk segalanya. Apalagi selama ini ia juga berhasil mengatasi cedera-cedera yang menerpanya. Sementara itu, Wizards mesti mencari cara untuk bertahan dalam kompetisi NBA terus berjalan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar