IBL

LeBron James belum sempat membela Los Angeles Lakers lagi setelah mengalami cedera kunci paha sejak Natal 2018 lalu. Pasukan muda Lakers pun berjuang tanpa Sang Raja selama 13 pertandingan. Itu sudah termasuk pertandingan melawan Oklahoma City Thunder di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, pada Kamis 17 Januari 2019 waktu setempat.

Menurut kabar dari tim, Lakers masih akan menahan James sampai setidaknya satu pertandingan lagi. Itu artinya, megabintang NBA tersebut masih akan absen ketika Lakers menghadapi Houston Rockets lusa. Ia bahkan tidak ikut berangkat bersama tim ke Oklahoma hari ini. Namun, Lakers mengatakan, James akan segera ikut berlatih minggu depan.

Selama James absen, Lakers tampak mengalami kesulitan. Mereka hanya menang 5 kali dari 12 pertandingan terakhir. Lakers pun harus menanggung risiko terdampar di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 25-21. Rekor itu bahkan seimbang dengan Utah Jazz.

Setelah ini, pertandingan tampaknya akan semakin sulit. Sebeb, Lakers harus bertemu tim-tim calon playoff dalam 10 pertandingan dari total 12 pertemuan yang akan datang. Selain pertandingan melawan Rockets pada akhir pekan ini, mereka juga akan bertemu juara bertahan Golden State Warriors minggu depan.

Ketika Lakers bertemu dengan Warriors nanti, tim belum bisa memastikan James akan ikut tampil atau tidak. Pada Rabu lalu, mereka hanya mengatakan, Sang Raja akan absen setidaknya di dua pertandingan. Satu pertandingan sudah terlewati ketika Lakers menghadapi Thunder, maka tinggal tersisa satu lagi, yaitu melawan Rockets. Barulah setelah itu Lakers bisa memastikan nasib James.

Sejak mengalami cedera, Lakers memang tidak ingin mengambil risiko memainkan James sebelum pulih 100 persen. Bagaimanapun, seperti juga dikatakan Stephen Curry, cedera kunci paha tidak bisa diburu-buru. Garda utama Warriors itu sempat mengalaminya pada awal musim lalu. Oleh karena itu, akan ada baiknya jika James benar-benar pulih dulu sebelum tampil lagi. Sayangnya, Lakers juga berada dalam dilema. Mereka sangat membutuhkan James untuk merebut tiket ke playoff. Pertandingan hanya tersisa sekitar 36 kali lagi di musim reguler. (GNP)

Foto: Los Angeles Lakers/NBA

Komentar