IBL

Garda anyar San Antonio Spurs, DeMar DeRozan, berhasil mengantarkan timnya menumbangkan Detroit Pistons di laga tandang. Mereka menang 119-107 di Little Caesars Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Senin 7 Januari 2019 waktu setempat. DeRozan mencetak poin terbanyak dengan 26 poin, plus 7 rebound dan 9 asis.

Di samping DeRozan, empat pemain lain juga mencetak dobel digit angka. LaMarcus Aldridge menyumbang 25 poin dan 6 rebound. Derrick White 17 poin dan 5 rebound. Bryn Forbes 15 poin. Patty Mills menambahkan 13 poin dari bangku cadangan.

Sementara itu, Tuan Rumah mengandalkan Blake Griffin. Forwarda andalan mereka itu mencetak 34 poin dan 8 asis. Di belakangnya, Andre Drummond mengumpulkan dobel-dobel 19 poin dan 14 asis. Reggie Jackson dan Reggie Bullock lalu menambahkan masing-masing 14 dan 13 poin. Luke Kennard dan Jon Leuer dari bangku cadangan juga memberi kontribusi dengan sama-sama mencetak 10 poin.

Kendati demikian, enam pemain Pistons yang mencetak dobel digit angka itu tidak bisa mengalahkan tamunya. Spurs masih terlalu kuat di pertandingan ini berkat permainan tim yang memudahkan para pemainnya menjadi produktif. Mereka bahkan bisa memasukkan 54,4 persen tembakannya ketika Pistons hanya 49,4 persen. Padahal Pistons bisa unggul di awal pertandingan.

Di kuarter satu saja, Pistons mencetak enam poin lebih banyak (31-25) daripada Spurs. Namun, tim asal San Antonio itu justru berhasil memukul balik Pistons dengan margin 14 poin (34-20) di kuarter dua. Mereka pun unggul dengan total poin 59-51. Saat itu, DeRozan sudah mengumpulkan 11 poin.

Setelah jeda, Spurs kembali menunjukkan kekompakannya. DeRozan dan Aldridge menjadi dua senjata tajam Spurs yang membuat mereka dapat menjaga asa. Padahal Pistons juga terus menekan di sisi lain. Keduanya lantas memimpin Spurs unggul perolehan poin 25-22 dengan total skor 84-73 di kuarter tiga.

Persaingan menjadi ketat di kuarter akhir. Spurs berusaha merebut satu kemenangan tandang di rumah lawan. Sementara itu, Pistons justru ingin menyelamatkan wajahnya di hadapan penggemar sendiri. Perolehan poin di kuarter itu pun menjadi ketat. Spurs unggul 35-34 sehingga mereka memenangkan pertandingan. DeRozan dkk. menutup skor dengan keunggulan 119-107.

Selanjutnya, Spurs akan menghadapi Memphis Grizzlies lusa untuk memburu satu kemenangan lain. Sementara itu, Pistons akan berusaha bangkit ketika menghadapi Los Angeles Lakers yang kemungkinan belum bisa diperkuat LeBron James di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar