IBL

Honda DBL Indonesia All Star 2018 menggelar pemusatan latihan (Training Camp) perdana pada 5-7 Januari 2019. Mengambil tempat di DBL Academy Pakuwon, Surabaya, sebanyak 24 pemain dan empat pelatih yang terpilih kembali berkumpul sejak diumumkan masuk ke dalam skuat Desember 2018 lalu.

Hari pertama dilalui dengan latihan yang disiapkan oleh empat pelatih yang terpilih. Jap Ricky Lesmana (SMA Bukit Sion Jakarta) bersama dengan Docta Ignoran Prambudi (SMA Karangturi Semarang) menjadi duet pelatih yang menangani tim putra. Sementara IGN Teguh Putra Negara (SMAK Soverdi Tuban Bali) dan Yunita Sugiarto (SMA Frateran Surabaya) menjabat sebagai kepala dan asisten pelatih tim putri.

“Kami fokus latihan dalam pertahanan. Secara pertahanan, anak-anak masih bisa dibilang lemah. Semua pemain punya kekuatan dan kecepatan, tapi saat bertahan, saya bisa bilang berantakan. Kami akan coba perbaiki itu di tiga hari TC ini,” ujar Jap Ricky.

Berbeda dengan tim putra, Kepala Pelatih tim putri menilai kepercayaan diri sebagai aspek yang perlu ditanamkan selama TC ini. “Masih banyak yang ragu saat melakukan eksekusi, itu perhatian utama kami. Sebelum bergeser ke latihan-latihan lain, kami perlu coba membangkitkan rasa percaya diri mereka,” ujar Teguh.

Setelah melakoni satu kali latihan di hari pertama, skuat Honda DBL Indonesia All Star 2018 mendapatkan menu yang berbeda di hari kedua. Membuka hari, para pemain mendapatkan latihan pembentukan karakter oleh Bagus Putra Wahyu Santoso, spesialis pembentukan karakter DBL Academy.

Dalam prosesnya, Bagus menyadari bahwa tim ini cukup baru dan sangat perlu membangun koneksi antar satu sama lain. “Latihan ini membutuhkan peran dari semua bagian tim. Saat ada anggota yang tidak konsentrasi, maka tim akan gagal melaksanakan latihan-latihan yang saya berikan. Hubungan yang baik akan membuat semua anggota fokus kepada pencapaian bersama dan tumbuh rasa saling percaya, ungkapnya.

Hari ketiga sekaligus terakhir TC Honda DBL Indonesia All Star 2018 dihadapkan dengan dua agenda besar. Pertama, seluruh skuat menjalani wawancara pengurusan visa untuk ke Amerika Serikat, 20 Februari 2019, nanti. Satu per satu bagian tim menjalani wawancara di Konsulat Jendral Amerika Serikat yang juga bertempat di sekitaran Pakuwon.

Di malam hari, skuat putra dan putri menghadapi laga uji coba berhadapan dengan dua tim lokal Surabaya. Tim putra berhadapan dengan BBM Viking Surabaya sementara tim putri berhadapan dengan Whatsapp Surabaya. BBM turun dengan skuat bermaterikan beberapa mantan pemain profesional. Nama-nama seperti Gege Nagata, Reiner Anggakara, Eko Sasmito, Freddy Chen, hingga Erwin Triyono tampak dalam tim.

Sempat tertinggal hingga 19 poin di paruh pertama, tim putra berhasil menyamakan kedudukan jelang akhir laga. Sayangnya, di penguasaan bola terakhir, tim putra gagal melakukan serangan cepat (fastberak) dan berujung pada kesalahan sendiri (turnover). BBM berhasil menutup laga dengan kemenangan tipis 66-63.

“Anak-anak menurut saya bermain cukup bagus melihat kami sempat tertinggal 19 poin dan berhasil menyamakan kedudukan. Tim lawan jelas lebih berpengalaman, tapi keberanian yang ditunjukkan tim saya udah cukup bagus dan saya harus beri kredit khusus. Ke depannya, saya masih akan terus benahi pertahanan kami yang belum konsisten,” ujar Jap Ricky seusai laga.

Di kubu putri pertandingan berlangsung cukup berimbang. Kedua tim bergantian mengambil keunggulan di kuarter pertama dan ketiga. Namun, pertahanan tim putri yang lebih rapi berhasil membawa mereka menutup laga dengan kemenangan 43-33.

“Kunci kemenangan tim kami kali ini adalah komunikasi dan kedisiplinan bertahan. Hal yang menjadi perhatian utama kami dari pertandingan ini masih di hal mental dan percaya diri. Sepanjang gim mereka masih naik-turun dan itu juga yang mempengaruhi lawan sempat mendekat. Semoga akan segera membaik ke depannya,” terang IGN Teguh seusai laga kepada Mainbasket.

Pertandingan uji coba ini menutup pemusatan latihan perdana Honda DBL Indonesia All Star 2018. Selanjutnya, seluruh bagian tim akan kembali ke kota asal sebelum kembali menjalani pemusatan latihan kedua yang digelar 17-19 Februari 2019. Skuat DBL All Star 2018 akan bertolak ke Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 20 Februari 2019. (DRMK)

Foto: Satrio Wicaksono/DBL Indonesia, Alexander Anggriawan, Dika Kawengian

 

Komentar