IBL

New York Knicks berhasil menumbangkan Los Angeles Lakers di NBA 2018-2019. Mereka menang 119-112 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Jumat 4 Januari 2019 waktu setempat. Tim Hardaway Jr., garda tembak mereka, menjadi pemain terproduktif. Ia menghasilkan 22 poin di pertandingan ini.

Enes Kanter, senter cadangan Knicks, juga gemilang dengan dobel-dobel 16 poin dan 15 rebound. Trey Burke juga memetik poin yang sama dari bangku cadangan. Emannuel Mudiay, garda utama Knicks, menambahkan 15 poin ketika Kevin Knox menyumbang 14. Sementara itu, Damyean Dotson dan dan Mario Hezonja masing-masing mencetak 11 dan 10 poin.

Di pihak Lakers, Brandon Ingram mencetak 21 poin. Kentavious Caldwell-Pope 19 poin. JaVale McGee 18 poin dan 9 rebound. Lonzo Ball 17 poin. Ivica Zubac 10 poin. Namun, tambahan itu tidak juga menyelamatkan wajah mereka di hadapan penggemar sendiri. Knicks tetap bisa mencuri satu kemenangan dari Staples Center setelah tampil apik di kuarter empat. Saat itu, para pemain Knicks seolah bermain di zonanya untuk menggulingkan Lakers yang unggul di kuarter tiga.

Selain di kuarter empat, Knicks juga memulai laga dengan start yang baik. Mereka memasukkan 5 dari 8 tripoinnya yang membuat Lakers mengambil jeda (timeout) di sisa 7:43. Secara keseluruhan, Knicks mencetak 7 dari 14 tripoin di kuarter itu. Padahal Knicks bukan pencetak tripoin terbaik di liga dengan hanya menempati peringkat ke-19. Namun, perolehan Knicks hari ini justru membuat mereka unggul lebih dulu 39-25.

Di kuarter dua, Laker sempat kesulitan karena bermain tanpa LeBron James, Rajon Rondo, dan Kyle Kuzma. Kepala Pelatih Luke Walton lantas mengatur permainan mereka yang cenderung bertumpu pada duet Ball dan Ingram. Namun, keduanya belum bisa mengangkat tim. Ball bahkan melakukan empat kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover) tanpa asis sekalipun.

Untungnya, Lakers mendapatkan kembali Michael Beasley pascameninggalnya Sang Ibu untuk membantu mereka. Walton pun jadi memiliki opsi rotasi yang lebih banyak sehingga mereka bisa menggonta-ganti pemain untuk menyesuaikan sistem. Alhasil, Lakers pun berhasil memangkas ketinggalan menjadi hanya empat poin (59-63).

Di kuarter tiga, Walton kembali memasang Beasley sebagai ganti Josh Hart. Sementara itu, Caldwell-Pope tetap di lapangan sebagai senjata utama mereka di pertandingan ini. Sang Garda sudah mencetak 19 poin yang membantu Lakers membalikkan keunggulan. Lakers memimpin 88-84 sampai Knicks mengambil jeda. Kemudian, mereka menambahkan empat poin lagi untuk menutup kuarter tiga dengan skor 92-86.

Pertandingan berlangsung ke kuarter empat, Knicks kembali menguasai pertandingan meski Lakers berusaha terus menjaga asa. Knicks berada pada zonanya sendiri untuk mengempaskan Tuan Rumah di kandang sendiri. Enam pemain Knicks bahkan sudah mengumpulkan dobel digit poin. Hardaway Jr. menjadi yang paling produktif sementara Kanter terus memberi kontribusi penting dari bangku cadangan. Kanter bahkan berhasil membuat Knicks unggul empat poin setelah tembakannya diganggu McGee yang melakukan goaltending.

Knicks lantas menutup pertandingan dengan skor 119-112.

Selanjutnya, Knicks akan menghadapi Portland Trail Blazers tiga hari lagi. Sementara itu, Lakers akan bertemu dengan Minnesota Timberwolves lusa. (GNP)

Foto: NBA

Komentar