IBL

Jelang Seri 4 Solo Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 yang akan digelar 10-12 Januari 2019, kabar pergantian pemain asing kembali datang. Bima Perkasa Yogyakarta menjadi tim ketiga yang melakukan pergantian pemain asing musim ini. Garda asing mereka, LeShaun Murphy digantikan oleh Foreign Player of the Year IBL 2017-2018, David Seagers.

Selain karena menyabet gelar pribadi tersebut, nama Seagers sudah cukup akrab di telinga penikmat basket Indonesia karena ia memperkuat Pacific Caesar Surabaya dalam dua musim terakhir IBL. Dalam dua perjalanan tersebut, Seagers selalu berhasil membawa Pacific lolos ke playoff. Musim lalu bisa disebut sebagai musim terbaiknya usai ia menorehkan rataan 21,2 PPG, 10,5 RPG dan 7,4 APG.

Di awal musim, kabar tidak kembalinya Seagers dengan Pacific bisa dibilang cukup mengejutkan. Hal tersebut dikarenakan pemain asal New York, Amerika Serikat ini masih bermain untuk tim yang identik dengan warna hijau tersebut dalam turnamen dalam rangka ulang tahun Pacific, Juli 2018 lalu. Namanya juga masih muncul dalam daftar pemain yang bisa dipilih untuk IBL Draft musim ini. Namun, tidak ada satupun tim yang memilihnya.

Beralih ke Murphy, pemain bernomor punggung 22 tersebut bermain di seluruh tujuh laga yang sudah dilalui Bima Perkasa. Dari jumlah tersebut, Murphy menorehkan rataan 18,1 poin, 8,0 rebound, 3,4 asis, dan 1,7 steal per laga. Akurasi keseluruhannya mencapai 44 persen dengan akurasi tripoin di angka 31 persen. Dari tujuh laga tersebut, Bima Perkasa berhasil mengakhiri tiga laga di antaranya sebagai pemenang.

Sebelum Bima Perkasa, Satya Wacana adalah tim pertama yang melakukan pergantian pemain asing dengan melepas Ronald Whitaker dan mendatangkan Raymond Miller selepas seri perdana. Prawira Bandung lantas mengikuti langkah Satya Wacana dengan melepas Jamal Ray saat Seri 3 Bali digelar. Gantinya, mereka mendatangkan pemain asing NSH Jakarta musim lalu, Brachon Griffin. (DRMK)

Foto:Alexander Anggriawan

 

Komentar