IBL

Gordon Hayward, forwarda Boston Celtics, tampil impresif di NBA 2018-2019 ini. Setelah mengalami cedera parah semusim lalu, ia kini berhasil mencetak poin terbanyaknya sebagai seorang Celtics dengan meraih 35 poin. Ia memasukkan 14 dari 18 tembakannya, yang kemudian mengantarkan timnya menang atas Minnesota Timberwolves. Celtics menang 115-102 di TD Garden, Boston, Massachusetts, Rabu 2 Januari 2019 waktu setempat.

Selain Hayward, Terry Rozier III juga berjasa dalam kemenangan tersebut. Sang Garda berhasil menggantikan Kyrie Irving yang tengah cedera dengan mencetak 16 poin, 5 asis, dan 5 steal. Senter veteran Al Horford lalu menambahkan 15 poin. Marcus Morris 12 poin. Jaylen Brown 10 poin.

Di kubu Timberwolves, Andrew Wiggins menjadi pemain paling produktif dengan 31 poin. Karl-Anthony Towns kemudian mencetak dobel-dobel 28 poin dan 12 rebound. Tyus Jones menambahkan 14 poin. Namun, ketiga pemain itu tidak berhasil merebut satu kemenangan dari kandang lawan. Celtics masih terlalu kuat berkat jasa Hayward yang meledak di pertandingan ini. Akurasi Hayward yang tinggi (77,7 persen) mengangkat Celtics sepanjang pertandingan. Celtics sendiri bahkan bisa memasukkan 59,2 persen tembakannya ketika Timberwolves hanya 48,2 persen.  

Di kuarter satu, Celtics membuka empat poin pertama mereka sampai akhirnya Kepala Pelatih Timberwolves Tom Thibodeau mengambil jeda (timeout). Padahal pertandingan baru berlangsung sekitar satu menit. Itu merupakan jeda paling cepat sepanjang 2018-2019 ini. Timberwolves tampaknya tidak ingin mengambil risiko kecolongan di awal pertandingan. Namun, upaya itu ternyata tidak begitu berhasil karena Celtics tetap saja unggul 25-21. Terry memasukkan 5 dari 5 tembakannya dengan menyumbang 11 poin dari total 25 poin di kuarter itu.

Pertandingan berlanjut ke kuarter dua. Saat itu, Celtics tampil lebih produktif dengan mencetak 35 poin lagi. Sementara itu, Timberwolves hanya berhasil mengumpulkan 21 poin. Oleh karena itu, Celtics pun memimpin 60-42.

Di kuarter tiga, Celtics mesti kehilangan Marcus Smart karena cedera. Bahu Smart terasa nyeri setelah bertabrakan dengan Towns yang memasang tembok (screen) untuk mengadang laju Sang Garda. Untungnya, Hayward bisa menggantikan Smart dengan baik sementara waktu. Forwarda cadangan Celtics berkaliber All-Star itu sudah mengumpulkan 20 poin dengan memasukkan 7 dari 10 tembakan. Ketika Smart kembali setelah diperiksa kesehatannya, Celtics pun masih bisa unggul 87-81 berkat Hayward tadi.

Dengan keunggulan tujuh poin saja, Celtics tidak mau mengendurkan permainan mereka di kuarter empat. Tim asuhan Brad Stevens itu bahkan sempat unggul 14-9 di sisa 5 menit kuarter terakhir. Hayward lalu berhasil mengumpulkan total 35 poin, yang merupakan poin tertingginya musim ini, sekaligus poin terbanyaknya ketika berseragam Celtics, untuk mengantarkan timnya menang 115-102.

Dengan demikian, Celtics pun sudah mencetak rekor menan-kalah 22-15. Mereka akan berusaha menambah jumlah kemenangan itu dengan menjamu Dallas Mavericks lusa. Di sisi lain, Timberwolves (17-21) akan mencoba bangkit dari kekalahan dengan menghadapi Orlando Magic di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar