IBL

CLS Knights Indonesia kalah 88-96 atas Zhuhai Wolf Warriors, di Doumen Gymnasium, Rabu malam, 19 Desember 2018. Ini menjadi kemenangan pertama Warriors di ABL 2018-2018. Warriors mengakhiri catatan buruk yaitu delapan kekalahan beruntun. CLS Knights sempat memimpin 29-15 di kuarter pertama. Warriors bisa menang setelah memberikan perlawanan sengit di tiga kuarter sisa.

Kunci kemenangan Warriors adalah Chen Cai. Senter lokal itu mencetak 25 poin dan sembilan asis, dengan akurasi 10 dari 15 percobaan. Garda asing Eric Tisby bermain baik dengan sumbangan 19 poin dan sembilan asis. Lalu senter Mike Bell menambahkan 17 poin dan 19 rebound. Eddy Curry menyumbang 13 poin. Dari bangku cadangan, Jenning Leung menghasilkan 11 poin. Ia mencetak tiga dari delapan tripoin Warriors di laga ini.

Di kubu CLS Knights, Maxie Esho mencetak 26 poin, dan Montay Brandon menghasilkan 23 poin. Brandon Jawato menyumbang 13 poin, lalu Stephen Hurt hanya mencetak 10 poin. Selama dua pertandingan terakhir, Hurt hanya mencetak total 16 poin. 

CLS Knights kalah di area kunci. Warriors unggul 54-42 untuk poin di area cat (paint area). Kemudian mereka juga menang rebound dengan unggul 39-25 rebound. Selain itu, Warriors mendapatkan 16 poin dari bangku cadangan. Poin tersebut dicetak oleh Jenning Leung dan Xu Yan yang mencetak empat dari delapan tripoin Warriors. Sementara bangku cadangan CLS Knights hanya menyumbang delapan poin.

CLS Knights unggul 29-15 di kuarter pertama. Tapi Warriors berbalik unggul 16-29 di kuarter kedua. Di paruh pertama, CLS Knights unggul tipis 45-44. Pertandingan memanas di kuarter ketiga. Kedua tim masih saling susul perolehan poin hingga tiga menit tersisa. Setelah itu Warriors membara. Warriors berlari 10-4 di tiga menit terakhir dan memimpin 72-66. Keunggulan ini berkat tripoin Chen Cai dan Jenning Leung. Kemudian Cai dan Mike Bell menambahkan masing-masing dua poin lewat layup. 

Di awal kuarter keempat, Maxie Esho mencetak sembilan poin. Ia berhasil memotong defisit poin menjadi 75-78. Kemudian satu tembakan bebas Montay Brandon membuat CLS Knighs mencetak 76-78. Puncaknya, tembakan bebas Sandy Febiansyah menjadikan skor sama kuat 81-81 di sisa enam menit. Pertahanan CLS Knights kembali bermasalah di menit-menit akhir. Fade away Mike Bell dan layup Eric Tisby membuat Warriors kembali unggul 90-85 di sisa tiga menit. 

Drama berlanjut di sisa dua menit. Bola di tangan Cai dicuri oleh Maxie Esho. Dengan fast-break, Arif Hidayat bisa mencetak dua poin. Sebelum itu, Arif mendapat gangguan dari Tisby. Three point play Arif mengubah skor menjadi 88-90. Pertahanan Warriors di area kunci membuat pemain CLS Knights kesulitan. Kesempatan mencetak tripoin dari Arif Hidayat di sisa 24 detik gagal. Begitu juga dengan percobaan tripoin dari Sandy Febiansyakh di sisa 16 detik. Warriors justru menjauh 96-88 lewat empat poin dari tembakan bebas Tisby.

Kedua tim menjalani laga terakhir di tahun 2018. Laga terakhir ABL tahun ini di tanggal 23 Desember 2018, selanjutnya semua tim mendapatkan libur Natal dan Tahun Baru. Pertandingan kembali digelar 2 Januari 2019 mendatang. (tor) 

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar