IBL

Bogor Siliwangi akhirnya memetik kemenangan kedua. Berhadapan dengan Satya Wacana Salatiga di lanjutan Seri 3 Bali, 15 Desember, Siliwangi menang 79-65. Martavious Irving mencetak 30 poin, Daniel wenas 18 poin, dan Michael Vigilance Jr. dobel-dobel 14 poin dan 18 rebound.

“Kami lelah kalah terus,” kata Paul Mario Sanggor, kepala pelatih Siliwangi yang menggantikan Ali Budimansyah. “Hari ini kami main sesuai dengan rencana, dan pemain-pemain juga berjuang keras untuk menang.”

Satya Wacana Salatiga datang ke Bali dengan modal percaya diri yang tinggi. Di Seri sebelumnya, mereka baru mengalahkan Pelita Jaya Jakarta. Meski mendapat kawalan yang ketat, dua andalan Satya Wacana, Madarious Gibbs dan Raymond Miller Jr. masih mampu mencetak masing-masing 23 poin. Andre Adriano menunjukkan konsistensi dengan mengumpulkan 15 poin, 8 rebound dan 3 asis.

Di kuarter pertama, Satya Wacana unggul 17-12. Akurasi tembakan mereka 50 persen, jauh di atas Siliwangi yang hanya 20 persen. Satya Wacana selalu unggul sepanjang kuarter pertama.

Pemain andalan Siliwangi Martavious Irving semakin panas di kuarter kedua. Di kuarter pertama, Irving hanya mencetak dua angka yang berasal dari tembakan gratis. Empat dari sembilan tembakan Irving di kuarter kedua menembus sasaran. Pelan tapi pasti, Siliwangi mulai mengejar dan menutup kuarter kedua dengan unggul 32-29.

Rapatnya pengawalan terhadap Gibbs membuat Satya Wacana sulit mengembangkan permainan. Gibbs berulang kali ditempel oleh Irving, Daniel Wenas, dan Kevin Moses Poetiray bergantian.

“Gibbs memang mencetak 23 poin. Tapi kita tahu Gibbs bisa sehebat apa. Angka itu sepertinya cukup kecil bagi dia,” kata Daniel Wenas.

Daniel Wenas terpaksa meninggalkan lapangan di kuarter empat. Ia melakukan lima kali pelanggaran personal.

Foul itu bagian dari pertandingan. Boleh kok, melakukan foul, asal dilakukan dengan bijak, yang bisa menguntungkan kita. Pelatih sudah mengatakan itu ke saya sebelum pertandingan,” tambah Daniel.

Dengan hasil ini, Siliwangi kini mengumpulkan 2 kemenangan dari 7 pertandingan. Sementara Satya Wacana 2 kemenangan dari 6 laga. Dua tim ini berada di Divisi Putih yang membuat persaingan merebut tempat di playoff menjadi sangat ketat.(*)

Foto: Hariyanto

Komentar