IBL

Indonesian Basketball League (IBL) Seri III Solo memasuki hari kedua. Laga Satya Wacana Salatiga melawan Siliwangi Bandung menjadi pembuka gelaran hari ini di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Minggu 24 Desember 2017. Satya Wacana menang dengan skor 93-74. Hasil itu sekaligus menjadi kemenangan perdana mereka di seri ini setelah kemarin dikalahkan Pacific Caesar Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Jontaveous Sulton gemilang dengan double-double 38 poin dan 12 rebound. Madarious Gibbs juga tampil baik dengan 29 poin, 10 rebound, dan 7 asis. Di kubu lawan, rookie Freddy Bachtiar mencetak 18 poin sementara Joel Clarke 17 poin dan 11 rebound. Sayang, Siliwangi tidak bisa tampil dengan salah satu pemain asing mereka, Darnell Brown II, lantaran cedera.

Di awal laga, point guard Satya Wacana, Madarious Gibbs, tidak memberi kelonggaran kepada lawan. Ia tampil baik ketika menyerang maupun bertahan. Setidaknya di kuarter itu saja ia telah mengumpulkan 10 poin dengan persentase field goal 60 persen dan tambahan 6 rebound juga 3 asis. Perolehan itu membuat Satya Wacana memimpin 24-16.

Kuarter selanjutnya, Satya Wacana tampil konsisten. Mereka berhasil bertahan dengan baik dan memanfaatkan kesalahan lawan. Center asing Jontaveous Sulton pun berkali-kali membuat Siliwangi kewalahan di area lubang kunci dengan slam dunk-nya. Oleh karena itu, Satya Wacana sukses memperlebar jarak skor 50-29.

Setelah turun minum paruh waktu pertama, Siliwangi tampil cukup baik. Mereka lebih banyak mencetak angka di kuarter ketiga. Dua pemain mereka, Freddy Bachtiar dan Joel Clarke menjadi pengumpul poin Siliwangi di kuarter itu. Masing-masing mencetak 10 dan 7 poin. Sayangnya, kedudukan terlampau jauh. Satya Wacana masih memimpin 75-58.

Kuarter akhir, ketidakhadiran point guard Brown semakin terasa di tim Siliwangi. Pasukan Kepala Pelatih Ali Budimansyah itu tidak memiliki pemimpin yang mengatur di lapangan. Hal itu kemudian dikonfirmasi Asisten Pelatih Lucky Pinontoan susai pertandingan, yang juga diamini Freddy.

“Begitu dia (Brown) tidak ada, tim kami seperti kehilangan induk yang mengatur,” ujar Lucky.

Seolah memanfaatkan ketidakhadiran itu, Satya Wacana pun mendominasi pertandingan melalui dua pemain asingnya. Sulton dan Gibbs bermain baik selama pertandingan berlangsung. Kehadiran mereka memberi semangat tersendiri kepada tim ini.

“Pemain asing sekarang ini cocok. Rasanya pas saja di hati,” jelas Efri Meldi, kepala pelatih Satya Wacana.

Dengan demikian, Satya Wacana pun akhirnya menang 93-74. Mereka menutup seri ini dengan sekali kalah dan sekali menang. Secara keseluruhan, kedudukan mereka kini 3-4. Sementara itu, Siliwangi justru semakin terpuruk. Mereka belum pernah menang sekali pun sejak seri pertama.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar