IBL

Mono Vampire Basketball Club Thailand merekrut Christien Charles. Pemain yang meraih MVP ABL (2013 dan 2014) tersebut dikontrak untuk bisa memperbaiki performa Mono. Mereka sudah menderita dua kekalahan beruntun di awal musim. Charles diharapkan mampu menggantikan peran Samuel Deguara, yang kini memperkuat Hong Kong Eastern.

Mono Vampire musim lalu berhasil menjadi finalis ABL. Mereka kalah di final oleh San Miguel Alab Pilipinas. Salah satu faktor keberhasilan Mono musim lalu adalah Sam Deguara. Tapi di awal musim ini, pemain dengan tinggi 2,25 meter tersebut pindah ke Hong Kong Eastern Basketball Team. Ini menjadi masalah bagi Mono, khususnya di area kunci. Apalagi mereka hanya punya Mike Singletary yang tingginya 1,95 meter. Tidak cukup untuk bersaing dengan big man lainnya di ABL. Marcus Keene sebagai pemain asing juga tidak menunjukkan performa yang baik.

Mono Vampire kalah 100-106 dari Macau Black Bears (17 November 2018). Beberapa hari berselang, mereka kalah 81-91 dari Singapore Slingers (21 November 2018). Ironisnya, dua kekalahan tersebut terjadi rumah sendiri, Stadium 29, Bangkok.

Charles sebenarnya sudah ada di Thailand. Ini terlihat dari unggahan facebook @monovampirebasketball. Ia terlihat berlatih bersama tim asuhan Kepala Pelatih Douglas Marty tersebut. Charles juga tidak asing dengan basket Thailand. Sebab ia pernah membela Hi-Tech Bangkok City Club, serta mengantar tim tersebut juara ABL 2014. Charles juga pernah bermain di Saigon Heat Vietnam untuk ABL 2017.

Di usia 37 tahun, musim lalu Charles masih membela Singapore Slingers. Slingers memasukkan Charles di tengah musim. Ia mencetak rata-rata 22,8 PPG, 16,5 RPG, dan 2,8 APG. Slingers menempati peringkat kelima di ABL 2017-2018. Charles juga dinobatkan sebagai Defensive Player of The Year ABL 2017-2018 bersama Renaldo Balkman (Alab Pilipinas).

Charles menggantikan Marcus Keene, pemain asing Mono Vampire sebelumnya. Pemain dengan tinggi 2,16 meter tersebut akan menjalani laga perdana bersama Mono Vampire hari Minggu, 9 Desember 2018. Mono akan bertandang ke Taiwan, markas Formosa Dreamers. (tor)

Foto: ASEAN Basketball League dan facebook Mono Vampire Basketball

Komentar