IBL

Joel Embiid, senter Philadelphia 76ers, mencetak rekor impresif di awal musim NBA 2018-2019. Ia baru saja mencetak dobel-dobel 15 poin dan 14 rebound ketika Sixers mengalahkan Memphis Grizzlies di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat pada Minggu malam, 2 Desember 2018 waktu setempat. Perolehan dobel-dobel itu pun membuatnya memecah beberapa rekor di NBA.

Embiid menjadi pemain Sixers dengan dobel-dobel tersubur musim ini. Ia sudah mengumpulkan 23 dobel-dobel dari 25 pertandingan pertamanya di 2018-2019. Ia pun membuat dirinya sejajar dengan Kevin Garnett yang pernah melakukan hal serupa pada 2004-2005.  

Di sisi lain, senter berkebangsaan Kamerun itu juga selalu mencetak dobel digit poin di tiap pertandingan. Itu artinya, ia sudah mengumpulkan 25 dobel digit poin dari 25 pertandingan. Embiid menjadi pemain Sixers pertama yang mencetak rekor itu setelah Allen Iverson pada 2005-2006.

Dengan rekor-rekor itu, Embiid sekaligus semakin membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain bintang di NBA. Apalagi ia juga tengah menyasar gelar MVP musim ini. “Saya rasa musim depan akan jadi MVP,” kata Embiid pada Mei lalu, seperti dikutip NBC Sports.

Selain gelar MVP, Embiid juga menyasar rekor-rekor, seperti: meraih Defensive Player of the Year, memenangkan 50 pertandingan, dan melaju ke playoff seperti musim lalu. Ia berharap bisa cukup sehat untuk meraih semua itu karena di musim-musim sebelumnya selalu terbentur cedera.

Sejauh ini, Embiid mencetak rata-rata 27,5 poin, 13,4 rebound, 3,5 asis, dan 2 blok per pertandingan. Ia memasukkan sedikitnya 47,2 persen tembakan field goal dan tripoin sekitar 30,7 persen. Tembakan gratisnya juga tinggi di angka 79,4 persen.

Di musim yang sama, Embiid hanya melakukan tiga kali kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover) per pertandingan. Itu merupakan rata-rata turnover terendah selama karirnya. Jika ia terus mempertahankan atau justru meningkatkan kemampuannya selagi menjaga kesehatan, bukan tidak mungkin ia masuk ke jajaran calon peraih MVP. Ia bahkan bisa saja meraih 50 kemenangan andai Sixers konsisten selama satu musim penuh. Sejauh ini, mereka sudah mengoleksi 17 kemenangan dari 25 pertandingan. Sixers sementara ini menjadi tim nomor dua di NBA dengan jumlah kemenangan terbanyak di 2018-2019.  

Selanjutnya, Embiid dan Sixers bakal menghadapi Toronto Raptors yang menjadi tim dengan kemenangan terbanyak musim ini. Mereka akan bertemu tiga hari lagi di kandang Raptors di Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada. (GNP)

Foto: NBA

Komentar