IBL

Dalam sebuah pertandingan basket, terkadang faktor mental sangat menentukan hasil pertandingan tersebut. Seperti yang terjadi saat laga Miami Heat melawan Utah Jazz di AmericanAirlines Arena, Minggu malam, waktu Amerika Serikat. Heat menang 102-100 atas Jazz. Dwyane Wade yang punya mental luar biasa, bisa mengangkat performa tim, sekaligus menjadi penentu kemenangan.

Heat tertinggal 27-35 di kuarter pertama. Tapi di kuarter kedua dan ketiga mereka lebih banyak mencetak poin. Heat berbalik unggul 80-77 di kuarter ketiga. Lalu ketegangan terjadi di menit-menit akhir pertandingan.

Wade membuat Heat unggul 100-97 di sisa 1 menit 32 detik. Lalu 13 detik berselang, Jazz menyamakan skor menjadi 100-100 lewat tripoin Ricky Rubio. Heat pun mendapatkan kesempatan menyerang.

Kali ini, Wade justru gagal mencetak tripoin. Donovan Mitchell pun mengambil bola pantul. Setelah time-out berakhir, Jazz berupaya menyerah ke area cat. Kali ini, Mitchell gagal memasukkan bola dengan layup. Time-out diambil oleh Erick Spoelstra, kepala pelatih Heat.

Kali ini pola penyerangan berpusat pada Dwyane Wade. Spoelstra tahu bahwa Wade masih penasaran ketika sebelumnya tidak bisa mencetak tripoin. Mental itu yang dimanfaatkan Spoelstra, karena Wade sedang berada pada kondisi yang baik. Wade pun menerobos barisan pertahanan Jazz. Kali ini dia menemukan ruang kosong dari sisi kanan. Ketika melakukan layup, wasit menganggap bahwa Rudi Gobert melakukan pelanggaran. Dua tembakan bebas dari Wade, membuat Heat bisa mengunci kemenangan di sisa tiga detik terakhir. Sebab di akhir laga, Michell gagal mencetak tripoin.

Selama 30 menit di lapangan, Wade mencetak 15 poin. Kelly Olynyk yang sama-sama muncul dari bangku cadangan mencetak 16 poin. Dari pemain inti Heat, ada Hasan Whiteside yang mencetak 23 poin dan 20 rebound, disusul Josh Richardson (16 poin), dan Wayne Ellington (12 poin).

Jazz gagal melanjutkan tren positif setelah menang dua laga beruntun sebelumnya. Kembalinya Donovan Mitchell mengembalikan kekuatan Jazz. Namun di laga ini, Heat lebih siap mental. Lima pemain inti Jazz mencetak poin digit ganda. Mereka adalah Ricky Rubio (23 poin), Jae Crowder (19 poin), Donovan Mitchell (18 poin), Rudi Gobert (12 poin dan 18 rebound), serta Joe Ingles (11 poin).

Selanjutnya, Heat akan bertandang ke markas Orlando Magic. Sedangkan Jazz sudah ditunggu San Antonio Spurs. (tor).

Foto: nba.com

Komentar