IBL

Kebakaran hebat yang terjadi di California Selatan, Amerika Serikat, kian membesar. Tak ayal bencana ini menghancurkan rumah-rumah hingga menyebabkan ratusan korban. Publik seantero Amerika Serikat turun tangan membantu para korban. Termasuk di antaranya adalah rapper dan desainer Kanye West. Ia bersama istri dan adidas berdonasi uang senilai AS$400.000.

Hal ini disampaikan Kim Kardashian, istri Kanye, pada Ellen Degeneres saat tampil di program televisi The Ellen Show. Ia berkata bahwa donasinya akan dibagikan kepada para korban dan bonus bagi para pemadam kebakaran. West secara pribadi memberikan AS$ 100.000 kepada seorang petugas damkar bernama Michael Williams. Ia adalah seorang petugas damkar yang juga tetangga West sekeluarga di Calabasas, California. Williams diganjar donasi setelah dianggap sebagai sosok penyelamat di area tempat mereka tinggal.

Aliran pengeluaran mereka tidak berhenti di situ. Demi menjamin keamanan West sekeluarga, mereka kabarnya akan merekrut pemadam kebakaran pribadi. Hal itu mereka lakukan setelah intensitas api dan asap mulai mendekat ke area tempat mereka tinggal. “Api membesar bahkan hingga sangat dekat dengan gerbang rumah kami. Asapnya pun sangat tebal,” tuturnya. Pasukan damkar yang disewa pribadi itu tidak hanya melindungi rumah mereka, namun juga area tempat mereka tinggal. Lagi-lagi faktor keganasan alam jadi faktor utama pengambilan keputusan ini.

Reuters menyatakan bahwa 93% wilayah California Selatan sudah terkena dampak kebakaran. Rumah Kanye West sekeluarga bertempat di kawasan Calabasas yang juga berada di sana. Sementara itu 12.000 bangunan di area California Utara jadi korban amukan api. Setelah dua minggu terjadi, sebanyak 81 orang jadi korban, 700 lain belum dapat diketahui nasibnya.

Bencana Negeri Paman Sam ini kini disebut sebagai Kebakaran Woolsey. Nama itu diambil dari sebuah jalan lintas kota yang berada di area kebakaran. Titik api bermula pada 8 November 2018 dan hingga hari ini (23/11) belum dapat dipadamkan. Area seluas 39.234 terlalap api dan sangat mungkin bertambah. Atas kejadian ini, sebanyak 295.000 penduduk setempat harus diungsikan hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Tim Los Angeles Lakers pun turut andil dalam aktivitas donasi. Dave McMenamin dari ESPN mengabarkan bahwa LeBron James dkk menyumbang hingga AS$ 100.000 kepada Palang Merah Amerika Serikat.

Komentar