IBL

Memperhatikan penampilan adalah hal penting bagi atlet profesional yang disorot berbagai media setiap harinya. Itu pula yang coba dilakukan penggawa Los Angeles Lakers, Lonzo Ball. Ia menyambut musim 2018-19 dengan dua hal baru: sepatu dan tato. Meski tato itu menuai kontroversi, kebiasaan mentato tubuh sudah jadi bagian bentuk ekspresi diri di Negeri Paman Sam.

Ball sekeluarga punya cara berbeda dalam meniti karir di basket. Di saat banyak pemain berlomba untuk mencari sponsor merek sepatu ternama, mereka justru membuat sepatu sendiri. Sepatu tersebut bernama Big Baller Brand (BBB). Lonzo, LiAngelo, dan LaMelo Ball punya sepatu khusus di bawah merek yang dikelola ayah mereka itu. BBB ZO2.19 adalah sepatu khusus Lonzo yang jadi senjata barunya di musim baru.

Meski menuai cibiran pada perilisan edisi pertama, sepatu Lonzo edisi kedua ini dinilai banyak mengalami perkembangan. Dari segi estetika, ZO2.19 menghadirkan sepatu berkerah rendah (low-top) dengan tampilan baru. Hal ini sebagai bentuk tanggapan terhadap ZO2 Prime, sepatu pertama Lonzo, yang diniliai mirip dengan Nike Zoom Kobe 7. Sepatu ini dibanderol AS$ 200, turun hampir setengah dari edisi pertama yang harganya mencapai AS$ 495.

BBB tampaknya menaruh harapan besar pada sepatu baru Lonzo. Hal itu tampak dari strategi pemasaran mereka yang tergolong berbeda. Mereka menggunakan iklan bertema klasik 1990-an layaknya karya sutradara ternama Spike Lee. Ia adalah sosok di balik kepopuleran Air Jordan 5.

Strategi pemasaran sepatu baru itu didukung pula dengan tato yang tersemat di lengan kanan sang pemain. Lengan yang sudah mulai penuh dengan gambar bermotif tribal itu dihias dengan logo BBB dekat dengan siku.

Sayangnya, NBA sudah menetapkan peraturan bahwa pemain dilarang menyematkan tato bergambar merek selain merek yang sudah terdaftar sebagai sponsor. Bila hal ini dilanjutkan, maka sang pemain bisa dihukum denda. Hal itu sudah diberlakukan pada J.R Smith yang menyematkan tato logo Supreme di pergelangan kakinya. Alhasil, Lonzo harus menutup lengannya secara spesifik di bagian yang bertato BBB.

Meski begitu, perbaikan penampilan ini tampaknya belum bisa membuat Lonzo mendapat keberuntungan. Lakers masih terpuruk lewat lima kekalahan dari tujuh pertandingan.

Foto: NBA, BBB

Komentar