IBL

Kepindahan LeBron James ke Los Angeles Lakers menarik perhatian banyak pihak pada musim panas 2018 ini. Beberapa orang senang dengan kedatangannya, terutama karena James selalu membawa tradisi final selama delapan tahun terakhir. Sviatoslav Mykhailiuk, ruki (rookie), misalnya, gembira bisa bermain dengan Sang Raja meski ia belum juga memulai karirnya di NBA.

Lakers memilih Mykhailiuk, pemain asal University of Kansas berkebangsaan Ukraina, lewat NBA Draft 2018 di urutan ke-47 putaran kedua. Sejak itu, ia pun bergabung dengan klus asal Los Angeles tersebut untuk membangun kekuatan baru. Karena selain Mykhailiuk, Lakers juga punya beberapa tambahan amunisi dari transaksi musim panas—salah satunya LeBron James.

Dengan adanya James di posisi yang sama, juga beberapa pemain dengan tipikal bermain yang mirip, peran Mykhailiuk di Lakers belum tampak kentara. Apalagi ia juga belum teruji di kompetisi sebesar itu kecuali di NBA Summer League 2018. Namun, itu bukan berarti ia tidak memiliki kesempatan besar untuk belajar dari orang yang tepat. Ia bisa “mencuri” pengalaman dan pelajaran dari James yang notabene salah satu yang terbaik di NBA.

“Saya senang bisa bermain dengannya (LeBron James). Apa lagi? Dia itu pemain terbaik di dunia dan punya banyak pengetahuan tentang basket. Saya akan mencoba belajar darinya sebanyak mungkin,” ujar Mykhailiuk, seperti dikutip Diario AS.

Mykhailiuk sudah sempat bertemu dengan James minggu lalu. Menurutnya, meski memiliki nama besar, pemain terbaik dunia itu tampak biasa—seperti manusia pada umumnya.

“Ia tidak berkata hal spesial apa pun kepada saya. Dia tampak seperti manusia normal bagi saya dan saya berharap bisa menjadi rekan setim yang baik baginya.”

Selain senang bisa bermain dengan James, Mykhailiuk juga merasa tertarik untuk segera memulai tahun pertamanya. Ia mungkin tidak akan mendapat banyak menit bermain, tetapi ia tetap ingin membantu tim seperti ketika ia bermain di Las Vegas Summer League pada Juli lalu. Kala itu, pemain bernomor punggung 10 tersebut rata-rata mencetak 16,6 poin, 4 rebound, dan 2,1 asis. Sayangnya, ia gagal merengkuh gelar juara karena Portland Trail Blazers mengalahkan Lakers di final.

Dalam waktu dekat ini, Mykhailiuk akan mengikuti kamp latihan bersama Lakers. Di sana, ia bisa mengawali semuanya. Ia bisa sebanyak mungkin berlatih bersama tim sekaligus melakukan misi menjadi rekan setim yang baik bagi James dan lainnya. Namun, untuk bisa mendapat menit bermain, ia juga harus mendapat impresi yang cukup dari Kepala Pelatih Luke Walton.      

Foto: NBA.com

Komentar