IBL

Deretan ruki yang terpilih di NBA Draft 2018 ini disebut-sebut sebagai salah satu kelas ruki terbaik sejak era LeBron James pada 2003 lalu. Banyaknya talenta yang tersedia membuat beberapa pemain harus rela terpilih sedikit lebih ke belakang dari prediksi urutan terpilih mereka. Salah satunya adalah Moritz “Moe” Wagner.

Wagner menjalani musim yang cukup bagus bersama University of Michigan di NCAA musim lalu dengan menyentuh babak semifinal. Langkah Wagner dan University of Michigan harus terhenti usai dikalahkan University of Villanova. Main sebanyak 39 kali, Wagner mencatatkan rataan 14,6 poin dan 7,1 rebound per laga. Wagner yang sudah tiga musim bermain di NCAA memutuskan untuk mengikuti NBA Draft 2018 dan terpilih di urutan ke-25 oleh Los Angeles Lakers.

Pemain berkebangsaan Jerman ini tampil apik di NBA Summer League yang membuatnya diikat oleh Lakers dengan kontrak skala ruki selama dua tahun bernilai AS$3,8 juta.

Performa Wagner tak hanya mempesona Lakers. Deretan merek perlengkapan olahraga juga tertarik untuk memboyongnya sebagai duta. Namun, dilansir oleh ESPN pada 8 September 2018, Wagner akhirnya setuju untuk merapat dengan Jordan Brand. Selain Jordan Brand, Wagner juga dikabarkan sempat didekati oleh Nike dan Adidas. Tidak disebutkan secara detil berapa besar dan durasi kontrak Wagner dengan Jordan Brand. Tapi bisa dipastikan ia akan diikat lebih dari dua tahun.

Jordan Brand bukanlah merek baru bagi Wagner. University of Michigan, kampus dari Wagner juga disponsori oleh Jordan Brand. Wagner menjadi ruki pertama di kelas 2018 yang bergabung dengan Jordan Brand. Sebelumnya, ada beberapa deretan ruki yang bergabung dengan merek-merek lain. Deandre Ayton, Marvin Bagley, Michael Porter Jr., dan Zhaire Smith bergabung dengan Puma. Luka Doncic dan Jaren Jackson Jr. merapat ke Nike. Sementara Trae Young menjadi duta Adidas.

Persaingan mendapatkan tanda tangan ruki antar merek perlengkapan basket adalah hal lumrah di NBA. Di sisi lain, menjadi duta sebuah merek juga merupakan salah satu mimpi bagi para pemain muda itu. Seiring dengan perkembangan karir yang baik, angka penjualan barang-barang yang mereka pakai juga mengikuti. Menarik menunggu siapa-siapa lagi yang akan mengumumkan kerja sama mereka dengan merek tertentu sebelum musim dimulai. Karena seperti yang diungkapkan di awal, kelas draft ini memiliki banyak talenta yang bisa menjadi nama besar di masa mendatang.

Foto: NBA

 

Komentar